Pengembangan Video Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Menerapkan Gerak Spesifik Permainan Bola Basket Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PJOK Materi Permainan Bola Basket Kelas VII UPT SMPN 27 Gresik

Authors

  • Rosyidah Afiati Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA
  • Andi Mariono Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video interaktif yang layak digunakan dalam proses
pembelajaran materi permainan bola basket pada peserta didik kelas VII. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan
pengembangan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE dengan 5 tahapan didalamnya
yang meliputi analyze, design, development,implementation, dan evaluation. Teknik observasi ditujukan untuk
mengamati keterlaksanaan kegiatan pembelajaran. Kemudian, teknik tes digunakan untuk memperoleh data
pengaruh dan kelayakan penggunaan media pembelajran inovatif kepada peserta didik. Subjek pada penelitian ini
adalah peserta didik kelas VII yang terdiri dari 32 peserta didik kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan 32
peserta didik kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Validitas dan reliabilitas menggunakan koefisien kappa dengan
menggunakan software SPSS. Untuk menguji hipotesis digunakan uji-t dengan persyaratan data harus bersifat
homogen dan berdistribusi normal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media video interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar
peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) kelas VII. Dasar
pengambilan keputusan dalam uji t adalah nilai sig. (2-tailed) < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan
dan jika nilai sig. (2-tailed) > 0,05 maka tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Berdasarkan data hasil uji t
pada data nilai postest tersebut menunjukkan nilai sig. (2-tailed) untuk data post-test adalah <0,001 dimana hasil
tersebut lebih kecil dari sig 0,05. Sehingga dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa hasil data postest dari kelas
kontrol dan kelas eksperimen memiliki perbedaan dengan jumlah skor lebih besar pada kelas eksperimen.
Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini adalah bahwa pengembangan media video interaktif materi
permainan bola basket pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata kunci : pengembangan, video interaktif, model ADDIE.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-20

How to Cite

Afiati, R., & Mariono, A. (2025). Pengembangan Video Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Menerapkan Gerak Spesifik Permainan Bola Basket Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PJOK Materi Permainan Bola Basket Kelas VII UPT SMPN 27 Gresik. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 14(7). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/67464
Abstract views: 40 , PDF Downloads: 79