PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI SKETSA DAN ILUSTRASI KELAS X JURUSAN DKV DI SMK ANTARTIKA 2 SIDOARJO

Authors

  • Ita Mas Selfiyanti Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA
  • lamijan Hadi Susarno Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA

Abstract

Abstrak
Pengembangan multimedia interaktif bertujuan untuk mengetahui kelayakan multimedia interaktif pada materi sketsa dan ilustrasi. Selain itu, media ini akan diterapkan pada proses pembelajaran untuk menguji keefektifan media dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE. Data kelayakan media diperoleh melalui angket uji ahli dan uji coba lapangan. Data keefektifan media diperoleh dari pengambilan data tes. Hasil validasi kelayakan memperoleh presentase 97,5% dari ahli materi, 95% dari ahli desain pembelajaran, 92,5% dari ahli media dan 95% dari ahli bahan penyerta. Sedangkan hasil uji coba produk perorangan 96,7%, uji coba kelompok kecil 92,7% dan uji coba lapangan 90,9%, yang dapat diartikan bahwa multimedia interaktif layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa data berdistribusi homogen dan normal. Hasil uji-t didapatkan hasil sig 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Multimedia Interaktif efektif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan layak diterapkan dalam pembelajaran Materi Sketsa dan Ilustrasi.
Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Hasil belajar, Sketsa dan Ilustrasi, Model ADDIE

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-20
Abstract views: 36 , PDF Downloads: 10