PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI FOTOGRAFI DASAR MATA PELAJARAN DASAR-DASAR DKV KELAS X DKV SMKN 4 SURABAYA

Authors

  • Irena Yuvinda Amelia Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA
  • lamijan Hadi Susarno Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kelayakan dan keefektifan multimedia interaktif dalam pembelajaran materi fotografi dasar untuk siswa kelas X DKV di SMKN 4 Surabaya. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan tes, dengan analisis menggunakan skala Likert untuk angket dan uji-t untuk hasil tes. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest two group design dengan melibatkan 36 siswa sebagai subjek penelitian. Hasil validasi menunjukkan bahwa multimedia interaktif dinilai sangat baik, dengan persentase kelayakan dari ahli materi sebesar 95%, ahli media dan ahli desain pembelajaran masing-masing 92,5%, serta hasil uji coba pengguna antara 91% hingga 92%. Uji efektivitas menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa, ditunjukkan oleh nilai sig.(2-tailed) 0.000 ≤ 0.05 dan nilai t hitung 7.432 > t tabel 1.688, serta peningkatan rata-rata nilai dari 61,28 (pretest) menjadi 70,17 (posttest). Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif pada materi fotografi dasar layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, multimedia interaktif, Fotografi Dasar, ADDIE.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-20

How to Cite

Yuvinda Amelia, I., & Hadi Susarno, lamijan. (2025). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI FOTOGRAFI DASAR MATA PELAJARAN DASAR-DASAR DKV KELAS X DKV SMKN 4 SURABAYA. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 14(7). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/67471
Abstract views: 65 , PDF Downloads: 48