PENGEMBANGAN MEDIA CAI (COMPUTER ASSISTED INTRUCTION) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 4 SEMESTER 1 SUB BAB OPERASI HITUNG CAMPURAN UNTUK SISWA SLOW LEARNER

Authors

  • MUHANDIS LANDASI

Abstract

CAI merupakan suatu bentuk pembelajaran yang dibantu oleh perangkat komputer. Maka dengan adanya CAI ini, materi dapat digantikan dengan media komputer tersebut sehingga siswa slow learner dapat memahami secara jelas materi tersebut.

Melalui wawancara dengan guru ABK di 6 SD Negeri Inklusi yaitu SDN Sidosermo 1, SDN Bendul Merisi 408, SDN Ngagel Rejo III, SDN Babatan 5, SDN Margerejo IV dan SDN Lemah Putro I Sidoarjo, ditemukan data bahwa rata-rata siswa kelas IV mengalami kesulitan belajar dalam pemahaman materi mata pelajaran matematika bab operasi hitung campuran dikarenakan bobot materi yang berisi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian sehingga perlu adanya pengulangan penjelasan disetiap pembelajaran. Selain itu, sering diadakan remidi pada akhir pembelajaran khusus pada siswa slow learner tetapi nilai ulangan harian matematika materi operasi hitung campuran masih dibawah rata-rata.

Dari permasalahan tersebut, diperoleh sebuah alternatif untuk mengatasi masalah tersebut yaitupengembangan media CAI (Computer Assited Instruction) pada mata pelajaran matematika kelas 4 semester 1 sub bab operasi hitung campuran untuk anak slow learner. Selain menghasilkan produk,dihasilkan juga buku petunjuk pemakaian program. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan model Borg & Gall sampai pada tahap ke 9. Hasil uji validasi ahli materi I memperoleh kategori sangat baik, ahli materi II memperoleh kategori baik, ahli media I memperoleh kategori baik, ahli media II memperoleh kategori sangat baik, hasil uji lapangan awal 83.7% kategori sangat baik, uji lapangan operasional 84.81% kategori sangat baik, hasil uji lapangan utama 86.10% kategori sangat baik. Berdasarkan perhitungan hasil belajar dengan taraf signifikan 5 % t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 4,85> 2,045. Maka dari hasil peningkatan tersebut dapat di interprestasikan bahwa media CAI (Computer Assisted Instruction) pada mata pelajaran matematika kelas 4 semester 1 bab operasi hitung bilangan sub bab operasi hitung campuran untuk anak slow learner dapat meningkatkan hasil belajar. 

 

Kata Kunci: Pengembangan, media CAI, Slow Learner, Matematika, Borg & Gall

Abstract

CAI is a form of learning added by computer. By the establishment of CAI the matter can be replace by computer medium. So, slow learners student can comprehend in a clean manner of the material.

Through interview with teacher in 6 inclusion public elementary. They  are in SDN Sidosermo 1, SDN Bendul Merisi 408, SDN Ngagel Rejo III, SDN Babatan 5, SDN Margerejo IV and SDN Lemah Putro I Sidoarjo, I found data that the average 4th graders have difficulty learning in understanding mathematics matter chapter count mixture operation. Because weight matter that contains sum, subtraction, multiplication, and division, so that it needed repetition of explanation in each lessons. Besides, often held re test at the end of special learning to slow learner student, the value of daily mathematics test, matter count mixture operation is still bellow average.

Of the problems obtained an alternative to address the problem namely CAI (Computer Assisted Instruction) media development on 4th grade mathematics semester 1 sub chapter count mixture operation to slow learner student. Besides produce product, also produced book of directions discharging program. Based on the result of the research to use methods of Borg & Gall up to 9th stages. Results test validation expert matter I obtained a much as very good category, expert matter II good category, media expert I good category. Media expert II very good category, preliminary field test 83,7% very good category, operational field test 84,81% very good category result of main field test 86,10% very well category. Based on the calculation of the outcome learn by significant standard 5% t count greater than t table namely 4,85> 2,045. Then the increases could be interpreted that media CAI on 4th grade mathematics semester 1 chapter calculate number operation sub chapter mixed calculate for slow learner student can improve learning outcomes.

 

Keywords:Development, CAI Media, Slow Learner, Mathematics, Borg & Gall

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-01-28
Abstract views: 47 , PDF Downloads: 100