PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO MATERI TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR VIDEO PADA PRODI S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Authors

  • Dea Hidayati Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA
  • Utari Dewi Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan game Blooket terhadap hasil belajar dan motivasi belajar bahasa Inggris siswa kelas X-1 SMA Pomosda Tanjunganom Nganjuk pada materi Personal Pronoun. Latar belakang penelitian ini adalah perlunya inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa, terutama pada materi yang membutuhkan pemahaman konsep dasar seperti Personal Pronoun.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experiment). Sampel penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan game Blooket dalam pembelajaran dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar siswa, serta angket motivasi untuk menilai tingkat motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan game Blooket memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Rata-rata nilai post-test dan skor motivasi belajar siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Selain itu, siswa di kelas eksperimen menunjukkan antusiasme yang lebih tinggi dalam proses pembelajaran, yang tercermin dari partisipasi aktif dan peningkatan skor angket motivasi.
Kata Kunci: Game Blooket, Personal Pronoun, Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Pembelajaran Bahasa Inggris

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-16
Abstract views: 7 , PDF Downloads: 1