PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO MATERI TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR VIDEO PADA PRODI S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi kelayakan media video pembelajaran pada mata kuliah Pengembangan Media Video/Televisi bagi mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Metode penelitian menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap analisis mengidentifikasi kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap teknik pengambilan gambar video dan metode ceramah yang membosankan. Solusi yang diusulkan adalah pengembangan media video.
Pada tahap pengembangan, media video divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, serta melalui uji validitas dan reliabilitas soal tes. Hasil validasi ahli materi menunjukkan persentase 100% (sangat baik) , sementara ahli media mencapai 78,57% (baik). Uji coba perorangan dan kelompok kecil juga menunjukkan hasil sangat baik (86,6%). Implementasi dilakukan pada 40 mahasiswa dengan perbandingan nilai pre-test dan post-test. Hasil uji normalitas menunjukkan data terdistribusi normal. Uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), menandakan adanya perbedaan signifikan antara nilai pre-test (rata-rata 60,5) dan post-test (rata-rata 80,5). Pembahasan menunjukkan bahwa media video efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media video pembelajaran yang dikembangkan sangat layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran, serta mampu meningkatkan pemahaman dan hasil belajar mahasiswa.
Kata Kunci: Pengembangan media video, Media pembelajaran, Teknik pengambilan gambar video, Hasil belajar, Uji-t.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 27
,
PDF Downloads: 23