Pengembangan Media Augmented Reality Pada Materi Pengenalan Kamera Digital Single Lens Refleks untuk Meningkatkan Hasil Belajar kelas X di SMKN 1 Cerme Gresik
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil kelayakan dan keefektifan pengembangan Media Augmented
Reality (AR) Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Komunikasi Visual Materi Pengenalan Kamera Kamera Digital
Single Lens Refleks Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas X Desain Komunikasi Visual di SMKN 1 Cerme,
Gresik. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan yaitu R and D dengan mengadaptasi ADDIE yang
mencakup tahapan analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Produk yang dihasilkan berupa
produk AR berbasis web yang menampilkan objek kamera DSLR 3D interaktif serta buku panduan penggunaan
yang berupa bahan penyerta. Dalam proses evaluasi, dilakukan uji validasi oleh tiga ahli, yaitu ahli materi, ahli
media, dan ahli desain pembelajaran. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi yang disusun berdasarkan
aspek-aspek kelayakan media pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen tes berupa soal
pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan hasil belajar. Hasil validasi menunjukkan bahwa media
memperoleh skor kelayakan sebesar 95,4% dari ahli materi, 93,3% dari ahli media, dan 90,4% dari ahli desain
pembelajaran, yang seluruhnya termasuk dalam kategori sangat layak. Uji keefektifan dilakukan terhadap 35 siswa
dengan pendekatan One Group Pretest-Posttest Design, yang menunjukkan peningkatan nilai rata-rata sebesar
54,214. Hasil uji-t menunjukkan nilai t hitung sebesar 19,110 lebih besar dari t tabel sebesar 2,03 pada taraf
signifikansi 5%, sehingga media dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.. Berdasarkan hasil
tersebut, media AR ini layak digunakan sebagai solusi inovatif dalam pembelajaran berbasis teknologi pada materi
fotografi dasar di sekolah kejuruan.
Kata Kunci: Augmented Reality, Kamera DSLR, Media Pembelajaran, ADDIE, Hasil Belajar, Assemblr Edu
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

