Pengembangan Media Augmented Reality Materi Pengenalan Kamera Digital Single Lens Refleks untuk Meningkatkan Hasil Belajar kelas X di SMKN 1 Cerme Gresik
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil kelayakan dan keefektifan pengembangan Media Augmented Reality (AR) Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Komunikasi Visual Materi Pengenalan Kamera Kamera Digital Single Lens Refleks Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas X Desain Komunikasi Visual di SMKN 1 Cerme, Gresik. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan yaitu R and D dengan mengadaptasi ADDIE yang mencakup tahapan analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Produk yang dihasilkan berupa produk AR berbasis web yang menampilkan objek kamera DSLR 3D interaktif serta buku panduan penggunaan yang berupa bahan penyerta. Dalam proses evaluasi, dilakukan uji validasi oleh tiga ahli, yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli desain pembelajaran. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi yang disusun berdasarkan aspek-aspek kelayakan media pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen tes berupa soal pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan hasil belajar. Hasil validasi menunjukkan bahwa media memperoleh skor kelayakan sebesar 95,4% dari ahli materi, 93,3% dari ahli media, dan 90,4% dari ahli desain pembelajaran, yang seluruhnya termasuk dalam kategori sangat layak. Uji keefektifan dilakukan terhadap 35 siswa dengan pendekatan One Group Pretest-Posttest Design, yang menunjukkan peningkatan nilai rata-rata sebesar 54,214. Hasil uji-t menunjukkan nilai t hitung sebesar 19,110 lebih besar dari t tabel sebesar 2,03 pada taraf signifikansi 5%, sehingga media dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.. Berdasarkan hasil tersebut, media AR ini layak digunakan sebagai solusi inovatif dalam pembelajaran berbasis teknologi pada materi fotografi dasar di sekolah kejuruan.
Kata Kunci: Augmented Reality, Kamera DSLR, Media Pembelajaran, ADDIE, Hasil Belajar, Assemblr Edu
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

