Penggunaan Media Benda Konkret dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pengurangan pada Mata Pelajaran Matematika Siswa K elas II SDN Punggul I
Abstract
Abstrak
Media benda konkret merupakan alat bantu pembelajaran yang dapat disentuh, diamati, dan dimanipulas
i
langsung oleh siswa. Penggunaan media ini sangat relevan dalam pembelajaran matematika pada siswa sekolah
dasar karena sesuai dengan tahap perkembangan kognitif operasional konkret. Media konkret berfungsi sebagai
jembatan antara konsep abstrak dengan pe ngalaman nyata, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna,
menyenangkan, dan mudah dipahami oleh siswa. Konsep pengurangan sering kali menjadi tantangan bagi siswa
kelas II SD, terutama dalam soal soal yang melibatkan proses “meminjam”. Siswa yang belum memahami
makna dari pengurangan cenderung menghafal prosedur tanpa mengetahui alasan di balik operasi tersebut.
Dengan bantuan media konkret, siswa dapat melihat langsung proses pengurangan, sehingga mereka lebih
mudah memahami makna dan logika dari konse p tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pengurangan menggunakan media benda konkret, mengetahui
respon s siswa terhadap penggunaan media tersebut, serta menjelaskan bagaimana media benda konkret dapat
me ningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep pengurangan pada mata pelajaran matematika kelas II SDN
Punggul I. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan
melalui observasi dan wawancara terhadap 20 siswa k elas II dan 2 guru mata pelajaran matematika. Analisis data
dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan menggunakan model
interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media benda konkret
berdampak positif terhadap pemahaman konsep pengurangan siswa. Siswa lebih aktif, antusias, dan percaya diri
dalam mengikuti pembelajaran. Siswa mampu menjelaskan proses pengurangan dengan lebih baik sehingga
menunjukkan peningkatan pemahaman konse ptual pada hasil belajar. Guru juga merasakan kemudahan dalam
menyampaikan materi yang sebelumnya dianggap sulit oleh siswa. Namun demikian, penggunaan media perlu
tetap disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan masing masing siswa
Kata Kunci:
Benda konkret, Media, Pemahaman Konsep, Pengurangan
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

