PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN MATERI PENGINDERAAN JAUH PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMAN 4 PROBOLINGGO

Authors

  • Riska Putri Damayanti Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA
  • Utari Dewi Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media video animasi pembelajaran yang dikembangkan, terutama pada mata Pelajaran Geografi materi Penginderaan Jauh. Model pengembangan yang digunakan yakni model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) dengan subjek penelitian kelas X-F dan X-G sebagai kelas kontrol dan eksperimen. Data dikumpulkan dengan menggunakan Teknik wawancara, angket, dan tes. Jenis data kualitatif dan kuantitatif dianalisis menggunakan skala penilaian Likert. Dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran materi Penginderaan Jauh yang telah dikembangkan dapat dianggap layak dengan mendapat penilaian sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video pembelajaran terbukti efektif dalam mendukung proses pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan; Video Animasi Pembelajaran; ADDIE, Penginderaan Jauh

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-19
Abstract views: 8 , PDF Downloads: 1