Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Kuliah Pengembangan Media Video atau Televisi Materi Teknik Pengambilan Video Materi Teknik Pengambilan Video

Authors

  • Dian Dian Amaliya Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA
  • Alim Sumarno Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA

Abstract

Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pengembangan media video atau televisi. Penelitian dilakukan menguji kelayakan serta keefektifan video pembelajaran dalam mata kuliah Pengembangan Media Video atau Televisi pada Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Materi yang dikembangkan berfokus pada teknik pengambilan video yang bersifat procedural, dimana mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami materi tersebut. Penelitian ini menggunakan Metode pengembangan yang digunakan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implent dan evaluate) dengan melibatkan kelas ekperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data digunakan melalui tes pre-test dan post test, serta lembar angket untuk kelas eksperimen. Analisi data dilakukan menggunakan uji homogentias, normalitas dan uji independent sample test dengan bantuan SPSS27. Hasil homogenitas menunjukan bahwa data pre-test bersifat homogen, sedangkan uji normalitas menunjukan bahwa data pre-test dan post test berdistribusi normal. hasil uji independent sample test nilai (Sig.0,489 > 0,05) yang berarti terdapat perbedaan significan antara kelas eksperimen dan kelas kontro;. Nilai rata-rata post test kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Kesimpulan, Media Video Pembelajaran layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa.
Kata Kunci: video pembelajaran, teknik pengambilan video, ADDIE

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-20
Abstract views: 1 , PDF Downloads: 0