Pengembangan Media Video Untuk Meningkatkan Keterampilan Editing Film Mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan editing film mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Dengan latar belakang adanya kesenjangan dalam pemahaman materi editing film yang bersifat teknis dan kompleks, penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) untuk merancang media video yang efektif. Media video yang dikembangkan memiliki durasi 11 menit dan disajikan dalam format mp4, mencakup pengenalan, pemaparan materi, serta rangkuman. Penelitian ini melibatkan metode mix method, yaitu pengumpulan data kualitatif melalui wawancara dan observasi, serta data kuantitatif melalui angket dan pretest-posttest untuk mengukur peningkatan keterampilan editing mahasiswa setelah menggunakan media video. Hasil validasi dari ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa media video yang dikembangkan sangat layak digunakan, dengan persentase kelayakan masing-masing mencapai 96% dan 95%. Uji coba pada mahasiswa juga menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan editing, dengan hasil posttest yang lebih tinggi dibandingkan pretest. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi proses pembelajaran di bidang teknologi pendidikan, khususnya dalam meningkatkan keterampilan editing film mahasiswa.
Kata Kunci: Media Video Pembelajaran, Keterampilan Editing Film, ADDIE, Teknologi Pendidikan.
Abstract
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 28
,
PDF Downloads: 19