PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO/RADIO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DI PRODI S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Abstract
Abstrak
Perkembangan teknologi informasi yang pesat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia
pendidikan. Salah satu dampaknya adalah pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi yang lebih
interaktif dan inovatif. Di Universitas Negeri Surabaya, mahasiswa pada Program Studi Teknologi Pendidikan
menghadapi tantangan dalam memahami materi penulisan naskah audio pada mata kuliah Pengembangan Media
Audio Radio. Untuk mengatasi permasalahan ini, penelitian ini mengembangkan media video interaktif
menggunakan platform Quizizz, yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menulis
naskah audio. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analyze, Design, Develop,
Implement, dan Evaluate, untuk merancang dan menguji kelayakan serta efektivitas media. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa media video interaktif yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran, dengan
hasil validasi materi, media, dan SAP oleh ahli mencapai skor rata-rata 100% dan skor kelayakan mahasiswa pada
uji coba kelompok kecil sebesar 93,3%. Penggunaan media ini terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan
menulis naskah mahasiswa, dengan skor rata-rata pre-test sebesar 48,73 dan post-test sebesar 87,50. Analisis NGain
menghasilkan skor 0,76, yang masuk dalam kategori tinggi, serta uji Wilcoxon menunjukkan nilai p-value
0,000 (< 0,05), yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara pre-test dan post-test. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa media video interaktif efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis naskah mahasiswa
pada mata kuliah Pengembangan Media Audio Radio.
Kata Kunci: Keterampilan Mahasiswa, Media Audio/Radio, Model ADDIE, Penulisan Naskah, Pengembangan
Pembelajaran.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 46
,
PDF Downloads: 38