Pengembangan E-Modul Materi Dampak Sosial Informatika Mata Pelajaran Informatika Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 48 Surabaya
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa e-modul guna meningkatkan
hasil belajar kognitif siswa pada materi dampak sosial informatika mata pelajaran informatika. Dikarenakan
permasalahan yang muncul meliputi rendahnya kompetensi pendidik, terbatasnya sarana, dan dominasi metode
ceramah, yang berdampak pada rendahnya minat dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi
media pembelajaran untuk mendukung peningkatan hasil belajar dan kemandirian siswa. Pengembangan e-modul
dilakukan menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan
pendekatan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang
dikemukakan oleh Lee and Owens. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 48 Surabaya.
Instrumen penelitian meliputi lembar validasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli desain pembelajaran, serta
angket uji coba kepada peserta didik menggunakan Skala Likert. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul yang
dikembangkan berada dalam kategori sangat layak dan valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Selanjutnya, terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas
kontrol, dengan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05). Dengan demikian, e-modul ini terbukti layak dan efektif
digunakan sebagai media pembelajaran pada materi dampak sosial informatika mata pelajaran informatika kelas
VII.
Kata Kunci: E-Modul, Informatika, Model Pengembangan ADDIE, Hasil Belajar.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2025-06-30 (3)
- 2025-06-30 (2)
- 2025-06-30 (1)
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 49
,
PDF Downloads: 75