PENGEMBANGAN MEDIA CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) MATERI POKOK PROGRAM APLIKASI MICROSOFT EXCEL 2007 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TIK KELAS VIII DI SMPN 3 SAMPANG
Abstract
Dalam PP No. 19 Tahun 2005 menyatakan bahwa perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan proses pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar dan penilaian hasil belajar. Keberhasilan dalam pembelajaran dapat dilihat dari hasil serta prosesnya. Namun, hal tersebut berbanding terbalik, seperti yang terjadi di kelas VIII SMP Negeri 3 Sampang. Berdasarkan hasil belajar siswa, dapat dilihat bahwa 50% dari 36 siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) pada mata pelajaran TIK materi pokok program aplikasi Microsoft Excel 2007. Penyebab menurunnya hasil belajar siswa yaitu kurangnya variasi dalam belajarnya serta alokasi waktu belajar yang kurang. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara tersebut, maka perlu adanya pengembangan media CAI (Computer Assisted Instruction) materi pokok program aplikasi Microsoft Excel 2007. Pengembangan media CAI ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam mengoperasikan program Microsoft Excel 2007. Model pengembangan media ini menggunakan model pengembangan dari Bambang Warsita, karena pada penelitian pengembangan ini nantinya akan menghasilkan suatu produk berupa CD pembelajaran TIK dan media yang telah diproduksi diuji keefektifannya. Instrumen yang digunakan adalah (1) observasi guru dan siswa, (2) angket respon siswa, (3) wawancara ahli media dan ahli materi, (5) soal tes siswa. Data kualitatif hasil wawancara, diketahui bahwa tingkat kelayakan media berdasarkan ahli media dan ahli materi menyatakan bahwa media yang diproduksi “Baik”. Sedangkan data kuantitatif hasil observasi guru dan siswa diperoleh nilai 94,61% (Sangat Baik), uji coba satu-satu 78,75% (Baik), uji coba kelompok kecil 95,60% (Sangat Baik), uji coba kelompok besar 87,55% (Sangat Baik), serta hasil uji pre-test dan post-test menggunakan uji-t diketahui 1,67 < 2,39 < 2,88. Berdasarkan hasil perhitungan dengan taraf signifikan 5% dan 1%, maka db=68 sehingga diperoleh t.kritik pada ts0,05 = 1,67 dan pada ts0,01 = 2,39. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Computer Assisted Instruction (CAI) materi pokok program aplikasi Microsoft Excel 2007 dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 3 Sampang.
Kata kunci : Pengembangan, Media CAI, Microsoft Excel 2007.
ABSTRACT
In the PP 19 of 2005 states that planning includes the syllabus learning process and the learning process implementation plan that includes at least learning objectives, teaching materials, teaching methods, learning resources and assessment of learning outcomes. Success in learning can be seen from the results and processes. However, It is different from the fact in eighth graders of SMP Negeri 3 Sampang. Based on the result of students learning process, it can be concluded that 50% of 36 students got score above KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) in TIK with the main material Microsoft Excel 2007 application program. The cause of the decrease of the students result is less of variation in studying and less of time allocation. Based on the observation and interview result, it needs a development of Computer Assisted Instuction (CAI) media the main material of Microsoft Excel 2007 application program. This CAI media development is expected to be able to increase the students ability in operating Microsoft Excel 2007 program. The model of this media development is a Bambang Warsita development model, because this research will produce a product like a CD of TIK instructional and the effectiveness of media produced will be tested. The instruments used are (1) the observation of teacher and students, (2) questionary of students respond, (3) interview the media and material expert, (5) students test. The qualitative data of interview result showed that standart level of media produced based on the expert of media and material is “Good”. Meanwhile the quantitative data of observation teacher and students result showed 94,61% (very good), tryout of each student 78,75% (good), tryout of small group 95,60% (very good), tryout of big group 87,55% (very good), and the result of pre-test and post-test with uji-t showed 1,67 < 2,39 < 2,88. Based on the 5% and 1% significant level calculation, db = 68 so gained t.criticism at ts0,05 = 1,67 dan pada ts0,01 = 2,39. So, it can be concluded that the use of media Computer Assisted Instruction (CAI) the main material Microsoft Excel 2007 application program is able to increase the result of the eighth graders of SMPN 3 Sampang.
Keywords : Development, CAI Media, Microsoft Excel 2007.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 29
,
PDF Downloads: 42