PEMANFAATAN MEDIA MOCK-UP TENTANG ENERGI LISTRIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS VI SDN GELAM II CANDI SIDOARJO
Abstract
Proses belajar mengajar merupakan proses komunikasi, dimana guru berperan sebagai pengantar pesan dan siswa sebagai penerima pesan. Namun demikian, bisa terjadi proses komunikasi mengalami hambatan, artinya tidak selamanya pesan yang disampaikan oleh pengirim pesan mudah diterima oleh penerima pesan. Oleh karena itu penggunaan media dalam proses belajar mengajar merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh guru kepada siswa karena dapat membantu siswa untuk lebih memahami materi yang disampaikan oleh guru. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan media mock-up pada mata pelajran IPA. Media mock-up adalah suatu penyederhanaan susunan bagian pokok dari suatu proses atau sistem yang lebih rumit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan memanfaatkan media mock-up terhadap hasil belajar siswa setelah memanfaatkan media mock-up. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa dari kelas VI-b SDN Gelam II Candi Sidoarjo. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas VI-a SDN Gelam II Candi Sidoarjo. Untuk teknik analisis data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Perhitungan yang digunakan untuk data observasi adalah tabel kontingensi. Sedangkan untuk tes menggunakan rumus uji t.
Hasil analisis data selama guru memanfaatkan media mock-up telah diketahui hasilnya yaitu 0,6 dan siswa mendapatkan hasil 0,6. Hal ini dapat dikatakan bahwa guru dan siswa sangat antusias dan memiliki kriteria baik. Sedangkan hasil belajar siswa melalui tes setelah memanfaatkan media mendapatkan hasil bahwa t hitung lebih besar dari pada t tabel yaitu 14.15 > 1.669. sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan media mock-up dapat meninggkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VI di SDN Gelam II Candi Sidoarjo.
Kata Kunci : pemanfaatan, media mock-up, hasil belajar siswa
ABSTRACT Learning process is a process of communication, where teachers role as introductory messages and students as the recipient of a message. However, the processes of communication can experience delays, this means, the message transmitted by messaging easily accepted by the recipient of a message is not forever. Therefore, the use of the media in learning process is very important to be done by the teacher to student as can be helped students to understand more material that is delivered by the teacher. One of them is the use of media mock-up in a science subject. Media mock-up is a simplification basic arrangement of parts of a processor system that is more complicated. The aim of this research is to know the process of learning which is done by the teacher by using media mock-up against study result of the students after benefiting media mock-up a to the arrangement of parts of the process or system more complicated. The object of this study were 30 students of class VI-b at SDN Gelam II Candi Sidoarjo. The samples used in this study were 20 students from VI-a at SDN Gelam II Candi Sidoarjo. For dat analysis techniques used observation and tests. For calculation of observation is to use contingension table. As for the test is to use the formula t-test. The result of data analyze of the teacher is 0.6 and the students is 0.6. it can be said that the teacher and the students are antusiasme and they have a good kriteria. and the result of students’ score after given the treatment is the t-value is bigger than t-table. There are 14.15 > 1.669, so the conclusion is the use of media mock up can increase the students’ score in the science subject.
Keywords: the usage of media mock-up, student learning result
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

