PENGARUH PENGGUNAAN RPP BUATAN KKG DENGAN RPP MODEL DICK & CAREY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR NEGERI DI GUGUS 088 KECAMATAN TANDES SURABAYA

Authors

  • ADLIN PUSPA M

Abstract

Kegiatan pembelajaran aktif inovatif kreatif efektif dan menyenangkan dalam kurikulum 2013 mengedepankan pentingnya kreativitas dan komunikasi dengan rumusan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan dimana guru diharapkan dapat membimbing peserta didik untuk mencapai kompetensi tertentu sebagai hasil belajar selama mengikuti proses pembelajaran transdisipliner. Kompetensi dirancang dalam pembelajaran tematik terpadu yang diajarkan dikaitkan dengan konteks peserta didik dan lingkungannya.Rancangan pembelajaran tertulis yang biasa disebut RPP merupakan strategi guru agar dapat mengkreasikan kegiatan belajar dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.Namun guru kesulitan menerapkannya karena kurang adanya improvisasi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu peneliti memberikan solusi alternatif dengan membuat RPP berdasarkan model Dick & Carey selain RPP buatan KKG pada Sekolah Dasar Negeri di Gugus 088 Kecamatan Tandes Surabaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis control group pre-test post-test. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Bibis 113 dan SDN Manukan Wetan 1 dengan kelas eksperimen adalah kelas IVB dan kelas kontrol adalah kelas IVA. Teknik analisis data menggunakan uji-t yang diperoleh t hitung  > t tabel sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Kesimpulannya bahwa hasil belajar siswa menggunakan RPP model Dick & Carey lebih baik daripada hasil belajar siswa menggunakan RPP buatan KKG.

Kata kunci :Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, KKG, Model Dick & Carey, Hasil Belajar

Abstract

Active learning activities, innovative, creative, effective, and fun in the 2013 curriculum emphasizes the importance of creativity and communication competence with the formulation of attitudes, knowledge, and skills which the teacher is expected to guide the learners to achieve certain competencies as a result of learning during the learning process transdisciplinary. Competence is designed in an integrated thematic learning that associated with the learners context  and environment. Written lesson plan or better known as RPP, is a commonly strategy for teachers to the creation of learning activities in the form of other activities that are relevant that sourced from the social and natural environment. But the teachers is difficult to implement, because of the lack of improvisation teacher in delivering learning materials, thus affecting student learning outcomes. Therefore, researchers provide an alternative solution to create lesson plans based on Dick & Carey model in addition to RPP by KKG on Group  Elementary School of Tandes District of Surabaya. This type of research is a kind of experimental study control group pre-test post-test. Subjects were fourth grade students of SDN 113 and SDN Manukan Bibis Wetan 1 with the experimental class is a class IVB and control class is the class IVA. Data analysis techniques using t-test and the result is “t count  > t table” so that “Ho” is refused and “H1” is accepted. The conclusion that the learning outcomes of students using RPP Dick & Carey model is better than the results of student learning using RPP of KKG.

Key word: RPP, KKG, Dick and Carey Models, and Learning Outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-04-16
Abstract views: 40 , PDF Downloads: 84