PENERAPAN STRATEGI DIGITAL STORYTELLING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGRIS DENGAN MATERI POKOK MENCERITAKAN KEMBALI TEKS RECOUNT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI SURABAYA 2

Authors

  • MAR ATUL AZIZAH

Abstract

MTs Negeri Surabaya 2 merupakan satu-satunya MTs negeri di daerah Lakarsantri Surabaya, karena dengan predikat negeri tersebut maka memiliki fasilitas dan tenaga pengajar yang berkompeten dalam bidangnya.Khususnya pembelajaran bahasa Inggris di SMP/ MTs yang ditargetkan agar peserta didik dapat  mencapai  tingkat  functional  yaitu  berkomunikasi  secara  lisan  dan  tulis  untuk  menyelesaikan masalah sehari-hari.

Mata  pelajaran  bahasa  Inggris  menekankan  kemampuan  pada  listening,  speaking,  reading,  dan writing,  dengan  metode  digital  storytelling  siswa  akan  lebih  aktif  dan  dapat  menguasai  ketiga kemampuan tersebut, dengan menulis cerita, membuat storyboard, dan memproduksi digital story.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment yang menggunakan desain penelitian Pre- test-Post-test Group dengan kelas VIII C sebagai subjek penelitian.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah dilakukan penerapan metode digital storytelling. Hal ini terbukti dari hasil observasi dan tes, hasil tes kelas VIII C menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel yaitu 8,96> 2,04. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode digital storytelling sangat baik bila diterapkan untuk mendukung kegiatan pembelajaran bahasa Inggris dengan materi menceritakan  kembali teks recount dengan tema pengalaman liburan.

Kata Kunci: Penerapan, Digital Storytelling, Hasil Belajar, Bahasa Inggris

 

Abstract

 

Surabaya state madrasah 2 is the only madrasah lakarsantri in the Surabaya as by the predicate state was then having facility and teachers competent. Especially learning english at junior high school / madrasah targeted to a student can reach that level functional namely communicate orally and write to resolve the matter everyday.

English subject emphasizing the ability on listening, speaking, reading, writing, with the methods digital storytelling students will be more active and could master third the ability by writing story, make storyboard, and producing digital story.

This kind of research including research quasi experiment using design research Pre-test-Post-test Group with class VIII C as a subject of research. Technical data in research is using observations and test.

Based on the results of the research can be an increase in significant learning results after application methods of digital storytelling. This is evident from the results of observation and tests, class VIII C test results indicate thitung is greater than ttabel  8,96 > 2,04, be aware that learning to use a method of digital storytelling is very good when applied to support their language learning material with English  retelling the recount text with the theme of holiday experience.

Keywords:Application, Digital storytelling, Learning outcomes, English

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-05-06

How to Cite

ATUL AZIZAH, M. (2014). PENERAPAN STRATEGI DIGITAL STORYTELLING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGRIS DENGAN MATERI POKOK MENCERITAKAN KEMBALI TEKS RECOUNT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI SURABAYA 2. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/7476
Abstract views: 165 , PDF Downloads: 136