Abstract
Pembelajaran bahasa pada prinsipya adalah agar para siswa terampil berbahasa, yaitu terampil menyimak, terampil berbicara, terampil membaca, dan terampil menulis. Pembelajaran sendiri merupakan serangkaian cara atau strategi yang dilakukan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. sehingga dalam proses pembelajarannya guru dituntut untuk kreatif. Salah satunya yaitu dalam memanfaatkan media pembelajaran. Pada studi pendahuluan yang telah dilakukan siswa kelas X SMA Negeri 2 Lamongan pada mata pelajaran Bahasa Jepang ditemukan permasalahan bahwa guru dalam mengajar hanya menggunakan media gambar yang bersifat monotn serta alokasi waktu yang dianggap kurang, sehingga siswa mengalami kejenuhan dalam belajar. Kondisi yang demikian berdampak pada hasil belajar siswa, sehingga peneliti mencoba mengatasi permasalahan tersebut dengan memanfaatkan media Goi Game berbasis Web. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pemanfaatan media Goi Game berbasis Web dan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan media Goi Game berbasis Web dengan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Jepang siswa kelas X SMA Negeri 2 Lamongan. Hasil dari analisis observasi yang telah dilakukan, diketahui bahwa proses pemanfaatan media Goi Game berbasis Web diperoleh hasil hasil 0.75 untuk kegiatan guru. Sedangkan 0.84 untuk kegiatan siswa. Hasil tersebut dikonsultasikan dengan kriteria maka tergolong sangat baik. Sedangkan hasil uji tes diperoleh hasil yang signifikan antara hasil post test kelompok eksperimen dan hasil post test kelompok kontrol dapat dibuktikan melalui uji-t dengan taraf 5% ( t hitung = 7.62 > t tabel = 2.00 ). Sehingga dari data tersebut dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan anatara pemanfaaatan media Goi Game berbasis Web terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Lamongan.
Kata kunci: Pemanfaatan media Goi Game berbasis Web, hasil belajar siswa.
ABSTRACT
The purpose of language learning is to make the student mastering the use of language, mastering listening, speaking, reading, and writing ability. Learning is a series of ways or strategies. Which is done to achieve the goal. So that, in the teaching and learning process, the teacher should be creative. For example, the teacher should be creative to use the media. In the previous study, the student of tenth grade of X SMA Negeri 2 Lamongan found a problem. The problem was the teacher used media monotonously. The duration was assumed to be short. Unfortunately, the student felt bored. The situation affected the student’s learning result. Here, the researcher condueted the study to over come. The problem by using Goi Game based on Web. The objective of this study to find out how the ways to use Goi Game based on Web. To know whether the significant effect between the use of media Goi Game based on Web with the learning result on the Japanese subject of the tenth grade student of X SMA Negeri 2 Lamongan. Based on the result, the use of media Goi Game based on Web was got 0.75 for the teacher’s activity. Then, it was 0.84 for the student activity. Those results was grouped to excellent level. But, the result of test was got a significant between experiment group and control group which could be proved by t test in the level of 5% (t-result = 7.62 > t-table = 2.00). So that, from the data, it is know that there is significant effect between the use media Goi Game based on Web towards. The increasing the student result of the tenth grade of X SMA Negeri 2 Lamongan.
Key Word: The use of goi game media based on web, The result of learning process.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 16
,
PDF Downloads: 33