PENGEMBANGAN MEDIA KOMPUTER PEMBELAJARAN (CAI) PADA MATA PELAJARAN FISIKA KOMPETENSI DASAR KONSEP BUNYI KELAS VIII SMP NEGERI 2 TAMAN SIDOARJO
Abstract
Pengembangan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah pengembangan media komputer pembelajaran yang diharapkan di SMP Negeri 2 Taman. Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Taman banyak mengalami kesulitan pada kompetensi dasar Konsep Bunyi. Adapun tujuan dari diadakan pengembangan media komputer pembelajaran yaitu untuk menghasilkan media dalam bentuk komputer pembelajaran (CAI) pada mata pelajaran Fisika kompetensi dasar Konsep Bunyi untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Taman yang nantinya dapat bermanfaat sebagai media pendukung dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Produk media yang dihasilkan dari kegiatan pengembangan ini terdiri dari (1) Program media komputer pembelajaran yang dikemas dalam bentuk CD, (2) Bahan penyerta media komputer pembelajaran, (3) Perangkat pembelajaran berupa Silabus dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) mata pelajaran Fisika kompetensi dasar Konsep Bunyi dengan menggunakan media komputer pembelajaran.Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun prosedur uji coba produk pengembangan media komputer pembelajaran melalui tiga tahapan, yaitu uji coba perorangan (terdiri dari 3 siswa) yang memiliki karakteristik pandai, sedang dan kurang pandai, uji coba kelompok kecil (terdiri dari 10 siswa) dan uji kelompok besar (kelas VIII-G). Berdasarkan hasil uji ahli materi yang meliputi aspek tampilan visual, audio, petunjuk penggunaan, tujuan pembelajaran, isi materi, petunjuk evaluasi dan hasil penilaian evaluasi adalah 89,71% (sangat baik). Hasil uji ahli media I dan ahli media II yang meliputi aspek tampilan visual, audio, petunjuk penggunaan, petunjuk evaluasi dan isi materi adalah 83,23% (sangat baik) dan 71,42% (baik), hasil uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar yang meliputi aspek tampilan visual, audio, isi materi, petunjuk penggunaan dan petunjuk evaluasi adalah 84,21% (sangat baik), 87,21% (sangat baik) dan 77,64% (baik). Berdasarkan data perhitungan diketahui bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 5,89 > 1,721. Setelah menggunakan media komputer pembelajaran hasil belajar dapat meningkat yaitu data nilai uji coba pos-test kelas VIII-G SMP Negeri 2 Taman (92,72) lebih besar dari nilai rata-rata uji coba pre-test (67,63).
Kata Kunci : Pengembangan, Media Komputer Pembelajaran (CAI), Konsep Bunyi.
ABSTRACT
Development which is discussed in this research is the development of computer media learning expected at 2 Taman Junior High School. Based on observations found that the the eighth grade students of SMP Negeri 2 Tamangot little difficulty on the basis competence of Sound Concept. The purpose of the use of media development is producing media in the form of computer learning (CAI) in the Physics subject with basic competence of soundconcepts for the eighth grade students of SMP Negeri 2 Taman which will be useful as supporting media in the learning process to improve learning outcomes students.Media products which are resulted from this development activities consist of (1) media computer learning program that is packaged in a CD, (2) an accompanying computer media learning materials, (3) learning tools in the form of syllabus and lesson plans (lesson plan) of Physics subject with basic competence of sound concept by using a computer media learning.This type of research is categorized as the development ofresearch. The test procedure of the development of computer media learning products was through three stages, namely the individual trials (consisting of 3 students) which has the characteristics of intelligent, moderate and less intelligent, small test group (consisting of 10 students) and the test group large (class VIII-G).Based on the test results of matter experts which is including on some aspects such as visual display, audio, instructions for use, learning objectives, content, user evaluation and assessment evaluation was 89.71 % (very good). The results of the first test media experts and media experts II which covers aspects of visual display, audio, instructions for use, evaluation and guidance material content was 83.23 % (very good) and 71.42 % (very good), the results of individual trials, trials small group and large group trials covering aspects of visual display, audio, content, instructions for use and evaluation guidance is 84.21 % (very good), 87.21 % (very good) and 77.64 % (very good). Based on calculations of data it is known that t - calculated is greater than t - table is 5.89 > 1.721. After learning to use computer media learning outcomes that can increase the data value test post - test class VIII - G 2 Taman Junior High School ( 92.72) is greater than the average value of the pre - test trials (67.63).
Keywords : Development, Media Computer Learning (CAI), Concept Sound.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 58
,
PDF Downloads: 173