EVALUASI MEDIA CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) MATA PELAJARN IPA MATERI GERAK DAN GAYA HASIL PRODUKSI MAHASISWA JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN ANGKATAN 2009
Abstract
Evaluasi media merupakan suatu penilaian dan pengukuran untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media. Tercapai atau tidaknya sebuah media yang digunakan dalam pembelajaran maka ditentukan dengan evaluasi. Salah satu contoh media pembelajaran adalah media berbasis komputer yang dikenal sebagai Computer Assisted Instruction (CAI). Salah satu pengembang media dalam dunia pendidikan adalah Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Mahasiswa Teknologi Pendidikan UNESA telah mengembangkan berbagai media, salah satu diantaranya yaitu media CAI. Namun media CAI yang dikembangkan tidak sepenuhnya sesuai dengan kriteria. Berdasarkan latar belakang tersebut, diperoleh alternatif pemecahan masalah yaitu dengan mengevaluasi media CAI (Computer Assisted Instruction) mata pelajaran IPA materi gerak dan gaya hasil produksi mahasiswa Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan angkatan 2009. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kelayakan media CAI dari aspek materi, 2) kelayakan media CAI dari aspek media, dan 3) keefektifan media CAI dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model evaluasi formatif serta menggunakan metode angket, wawancara, dan tes untuk mengumpulkan data. Subyek penelitian terdiri dari siswa kelas VI SDN Geluran 1 Taman, ahli materi, dan ahli media. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif. Hasil penelitian dari dari evaluasi media CAI (Computer Assisted Instruction) mata pelajaran IPA materi gerak dan gaya hasil produksi mahasiswa Jurusan Kurikulum dan Teknologi pendidikan angkatan 2009 berdasarkan rumusan masalah yaitu: 1) kelayakan media CAI dari aspek materi diperoleh persentase sebesar 71,25 dengan kategori baik, 2) kelayakan media CAI dari aspek media diperoleh persentase sebesar 81,02 dari angket siswa dengan kategori sangat baik, 75 dari wawancara ahli materi dengan kategori baik, dan 67,53 dari wawancara ahli media dengan kategori baik, 3) keefektifan media CAI dalam pembelajaran menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media CAI dengan perolehan thitung lebih besar dari ttabel dengan perbandingan angka 13,9>2,04 menggunakan uji-t.
Kata Kunci : Evaluasi, media CAI (Computer Assisted Instruction)
ABSTRACT
Media evaluation is an assessment and measurement to determine the feasibility and effectiveness of the media. Media can be said as successful media or not is determined by the evaluation. One example of media is a media computer-based learning, known as Computer Assisted Instruction (CAI). One of the developers of media in education is the Student of Education Technology. Student of Education Technology at UNESA has developed a variety of media, one of them is the media CAI. But the media CAI is not fully developed in accordance with the criteria. Based on this background, the solution is by evaluating the media CAI (Computer Assisted Instruction) on science subject focused on motion and style student produced by curriculum and education technology department and 2009.The purpose of this study was to determine: 1) the feasibility of CAI media based on material aspects, 2) feasibility of CAI media based on media aspect, and 3) the effectiveness of CAI media in teaching-learning. This research was conducted by using evaluation formative method, questionnaires, interviews, and test to collect data. The study subjects consisted of the sixth grade students of SDN Geluran 1 Taman, material experts, and media experts. The type of data obtained is qualitative data. The results of science subject focused on motion and style student produced by curriculum and education technology department and 2009 is based on the research problems, they are: 1) the feasibility of CAI media based on material aspects is 71.25 and categorized as good, 2) feasibility of CAI media based on media aspects is for about 81.02 was obtained from a questionnaire students with excellent category, 75 of the expert interview material with good category, and 67.53 of the interviews with media experts in good category, 3 ) the effectiveness of CAI in teaching media showed improvement in student learning outcomes after using the CAI media with the acquisition of t value is higher than t table with a comparison figure 13.9 > 2.04 using t-test.
Keywords : Evaluation, media CAI (Computer Assisted Instruction)
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 30
,
PDF Downloads: 42