Abstract
Bahasa Inggris merupakan bahasa kedua di beberapa negara besar di dunia. Sehingga Bahasa Inggris dijadikan sebagai pelajaran tambahan di lembaga pendidikan mulai dari taman kanak-kanak hingga pendidikan tingkat lanjut. Pembelajaran Bahasa Inggris memerlukan penguasaan kosakata yang baik, sehingga siswa dapat menyusun kalimat sebagai alat komunikasi.Penyampaian pembelajaran Bahasa Inggris yang dilakukan oleh guru mengalami kesulitan untuk menjelaskan materi-materi tertentu terutama yang bersifat visual, sehingga pengembangan mengembangkan media kartu dengan papan kata.Media kartu adalah alat atau bahan berbentuk persegi panjang yang berisi pesan berupa gambar ataupun abjad yang digunakan dalam latihan mengeja dan untuk memperbanyak perbendaharaan kosakata pada anak. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di TK PRATIWI Surabaya pada proses pembelajaran Bahasa Inggris telah menggunakan beberapa variasi pembelajaran dan media, namun media yang digunakan bukan media by design yang khusus dirancang sesuai dengan karakteristik anak dan materi yang dibutuhkan. Pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran untuk meningkatkan kosakata Bahasa Inggris pada kelompok B di TK PRATIWI – Surabaya.Media yang dikembangkan adalah media kartu, papan kata, kartu abjad.
Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan media kartu by design adalah model R & D (Research and Development).Model R & D memiliki sepuluh tahap dalam mengembangkan suatu media, namun pengembang tidak menggunakan semua tahap.Pengembang hanya menggunakan 7 tahap karena pengembang menghasilkan produk media yang digunakan pada satu sekolah tertentu, bukan diproduksi secara massal. Media kartu by design telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, serta diujicobakan kepada anak kelompok B. Peningkatan kosakata yang dikuasai anak dalam nama hewan Bahasa Inggris dapat diperoleh dari hasil pre-test dan post-test.
Jenis data yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil ujicoba kelayakan media kartu oleh ahli materi I termasuk dalam kategori sangat baik dengan kriteria 3,58. Ahli materi II termasuk dalam kategori sangat baik dengan kriteria 3,5. Ahli media I termasuk dalam kategori baik dengan kriteria 3, 46.Ahli materi II termasuk dalam kategori sangat baik dengan kriteria 3, 71. Ujicoba pemakaian yang dilakukan oleh guru dalam penggunaan media kartu by design termasuk dalam kategori sangat baik dengan kriteria 90,82 %. Berdasarkan hasil belajar anak pada penggunaan media kartu diperoleh d.b = N-1= 20 dengan taraf kesalahan 5% (0,05) adalah 2,086 dan t-hitung adalah 13. Apabila t-tabel < t-hitung, maka 2,086 < 13, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media kartu terhadap kemampuan anak dalam kosakata Bahasa Inggris nama hewan peliharaan di TK PRATIWI – Surabaya.
Kata Kunci : Pengembangan, Media Kartu, Bahasa Inggris, Kosakata.
Abstract
English is the second language in some major countries in the world . So that English be used as an additional subject in educational institutions ranging from kindergarten to higher education . Learning English requires a good vocabulary , so that students can construct a sentence as a communication tool . Submission of learning English are conducted by teachers find it difficult to explain certain materials that are primarily visual , so the development of developing a media card to the board said . The media card is a tool or rectangular material that contains an image or message alphabet used in spelling exercises to expand vocabulary and vocabulary in children . Based on the research that has been conducted in kindergarten PRATIWI Surabaya in the process of learning English has used several variations of the learning and the media , but the media are used not by design media specifically designed to match the characteristics of children and materials needed . This development aims to develop instructional media to improve English vocabulary in group B in kindergarten PRATIWI - Surabaya . Developed media is the media card , the board said , alphabet cards .
Development models used in the development of media cards by design is a model of R & D ( Research and Development ) . Model of R & D has developed a ten- stage in the media , but the developers did not use all the stages . Developers simply use the 7 stages as developers produce media products are used in a particular school , not mass-produced . Media cards by design has been validated by experts materials and media experts , and tested on children in group B. The increase in the child's vocabulary mastered English animal names can be obtained from the pre - test and post - test .
The type of data obtained from a study of this development of quantitative and qualitative data . Results of the feasibility trial by media card I matter experts included in the excellent category with 3.58 criterion . Expert II material included in the excellent category with 3.5 criteria . Expert media I included in both categories with criteria 3 , 46 . Experts material included in category II is very good with 3 criteria , 71 . Tests conducted by the use of teachers in the use of media cards by design included in the excellent category with 90.82 % criteria . Based on the children's learning outcomes of media use card obtained db = N - 1 = 20 with 5 % error level ( 0.05 ) is 2.086 and the t-test is 13 . When t - table < t - count , then 2.086 < 13 , so it can be concluded that there is a significant influence on the ability to use the media card in the child's English vocabulary in kindergarten pet name PRATIWI - Surabaya
.
Keywords :Development , Media Card , English , Vocabulary .
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 239
,
PDF Downloads: 153