Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Kepramukaan Dalam Penanaman Karakter Siswa Di SMA Negeri 14 Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan kepramukaan dan penanaman karakter bagi anggota pramuka. Penelitian evaluasi ini menggunakan model evaluasi goal orient ed. Model ini merupakan model evaluasi yang berorientasi kepada tujuan dari objek penelitian. Tujuan utama Gerakan Pramuka adalah membentuk karakter kaum muda melalui kegiatan kepramukaan. Karakter kaum muda dapat dibentuk melalui berbagai macam kegiatan kepramukaan. Kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan di gugus depan berorientasi pada SKU (Syarat Kecakapan Umum). Selain itu Pola Mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak (Polmekbin No.176 Tahun 2013) yang diatur oleh Kwarnas juga menjadi acuan dalam melaksanakan kegiatan kepramukaan.
Penelitian evaluasi ini dilaksanakan di SMA Negeri 14 Surabaya dengan objek penelitian adalah
anggota pramuka yang berjumlah 16 orang. Teknik sampling jenuh digunakan untuk menentukan subjek penelitian karena semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Wawancara digunakan untuk mengunpulkan data tentang pelaksanaan kegiatan kepramukaan Angket digunakan untuk mengungkap data tentang penanaman karakter anggota pramuka. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif serta menggunakan teknik perhitungan PSA (Persentase Setiap Aspek).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan kegiatan kepramukaan bertujuan untuk membekali anggota pramuka dengan keterampilan, pengetahuan dan ilmu yang dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun masyarakat. Selain itu metode yang menyenangkan, menantang sekaligus learning by doing digunakan dalam setiap kegiatan kepramukaan. Pembekalan keterampilan, pengetahuan da n ilmu mengacu pada SKU yang ditetapkan oleh Kwarnas. Penanaman karakter melalui kegiatan kepramukaan termasuk kategori baik (82,81%) terhadap penilaian dari anggota pramuka. Penilaian dari teman sekelas termasuk kategori sangat baik (88,03%), didukung dengan terdapatnya perbedaan yang signifikan (6,336) terhadap tingkat pelanggaran antara siswa dan anggota pramuka. Pelaksanaan kegiatan kepramukaan berjalan dengan sangat baik dan melalui kegiatan kepramukaan karakter anggota pramuka menjadi lebih baik.
Kata kunci :Gerakan Pramuka, Karakter, Evaluasi, Goal Oroented
ABSTRACT
The purpose of this research to evaluate the implementation of scouting activities and cultivation of character for scout. The evaluation research using the model of goal-oriented evaluation. This model is a
model of goal-oriented evaluation of the research object. The main purpose of the Scout Movement is building the character of young people through scouting activities. The character of young people can be
formed through a variety of scouting activities. Additionally Scout Enforcement Pattern Development
Mechanism (Polmekbin 176 in 2013) are regulated by Kwarnas also a reference in conducting scouting.
This evaluation research was conducted at SMAN 14 Surabaya with the object of research is the scout numbering 16 people. Saturation sampling technique is used to determine the subject of research for all members of the population used as a sample. Data collection methods used were interviews and questionnaires. Interviews are used to collect data on the implementation of scouting. Questionnaire is used to uncover data about cultivation character of scouts. The analysis technique used is descriptive quantitative and engineering calculations using PEA (Percentage of Each Aspect).
These results indicate that the implementation of scouting activities purpose to equip scout with the scout skills, knowledge and science that can benefit themselves and society. In addition the method fun, challenging and learning by doing are used in every scouting activities. Debriefing skills, knowledge and science refers to the set by the SGT (Skills General Terms) from Kwarnas. Cultivation character through scouting activities including good category (82.81%) of the votes of the scout. Assessment from classmates including the excellent category (88.03%), supported by the presence of a significant difference (6.336) to the level of violations between students and the scout. Implementation of scouting activities went very well and through scouting scouts character for the better
Keywords: Scout Movement, Character, Evaluation, Goal Oriented.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 332
,
PDF Downloads: 729