PENGEMBANGAN MULTIMEDIA COMPUTER-ASSISTED INSTRUCTION (CAI) DISERTAI METODE PRAKTIKUM PADA MATA PELAJARAN FISIKA BAB TEKANAN UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP WAHID HASYIM 11 BUDURAN SIDOARJO

Authors

  • NELIL AMANI SYAHID

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat efektifitas pengembangan Multimedia CAI disertai metode Praktikum dalam meningkatkan ketuntasan belajar siswa kelas VIII SMP Wahid Hasyim Buduran pada materi Tekanan Fisika. Berdasarkan studi awal yang dilaksanakan, diperoleh hasil analisis permasalahan sebagai berikut: Gaya mengajar guru yang cenderung menggunakan metode ceramah mengakibatkan siswa menjadi pasif saat pembelajaran. Serta bahan ajar yang digunakan hanya berupa buku teks atau buku paket semata. Sedangkan indikator yang harus dicapai adalah siswa harus dapat memahami konsep, teori, rumus serta menyelidiki penerapan konsep tersebut pada benda-benda dalam kehidupan sehari-hari. Prosedur pengembangan yang dilakukan meliputi tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Tahap validasi produk ditujukan kepada ahli materi dan ahli media melalui penyajian data berupa masukan untuk revisi dan data hasil wawancara format checklist. Kemudian untuk uji coba produk ditujukan kepada perorangan (2 siswa) dan kelompok kecil (6 siswa) dengan penyajian data berupa tes kemampuan dan hasil observasi. Tahap uji coba lapangan dilaksanakan kepada 69 siswa yang terdiri dari 35 kelompok kontrol dan 34 kelompok eksperimen dengan penyajian data dijabarkan pada sub bab penilaian, berupa hasil observasi, angket dan tes. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa dilihat dari efektifitas media dalam meningkatkan ketuntasan belajar sisws diperoleh hasil sebagai berikut: hasil pre-test kelompok eksperimen dan kontrol menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan (thitung = 0,331 dan ttabel = 2,000), setelah diberi perlakuan dan diberi post-test hasilnya menunjukkan ada perbedaan yang signifikan, yakni kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol (thitung = 10,56 dan ttabel = 2,390). Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan multimedia CAI disertai penerapan metode praktikum yang dikembangkan dapat meningkatkan ketuntasan belajar.

Kata kunci: pengembangan, multimedia CAI, metode praktikum, ketuntasan belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-05-19

How to Cite

AMANI SYAHID, N. (2014). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA COMPUTER-ASSISTED INSTRUCTION (CAI) DISERTAI METODE PRAKTIKUM PADA MATA PELAJARAN FISIKA BAB TEKANAN UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP WAHID HASYIM 11 BUDURAN SIDOARJO. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/7981
Abstract views: 19 , PDF Downloads: 36