EVALUASI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS DI SMAN 1 KWANYAR
Abstract
Pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) adalah pembelajaran yang berfokus pada pembentukan kelompok-kelompok kecil siswa untuk bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar. Model pembelajaran ini banyak digunakan untuk mewujudkan kegiatan belajar mengajar yang berpusat pada siswa, terutama untuk mengatasi permasalahan yang ditemukan guru dalam mengaktifkan siswa, yang tidak dapat bekerja sama dengan orang lain, siswa yang agresif dan tidak peduli pada yang lain. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan bahwa siswa harus berpartisipasi aktif dalan proses pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model cooperative learning pada mata pelajaran Sosiologi di SMAN 1 Kwanyar. (2) Untuk mengetahui seberapa besar kesesuaian penggunaan model cooperative learning dengan sintaks model cooperative learning pada mata pelajaran Sosiologi di SMAN 1 Kwanyar.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif, yaitu dari data dan fakta yang diperoleh dalam penelitian ditarik kesimpulan dalam bentuk kalimat pernyataan serta hasil penelitian dapat memberikan gambaran tentang keadaan yang terjadi pada saat penelitian Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara mendalam, observasi partisipatif dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian evaluasi menunjukkan bahwa pelaksanaan model cooperative learning pada mata pelajaran Sosiologi kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Kwanyar dapat dikategorikan Baik. Karena telah sesuai dengan sintaks model cooperative learning. Mulai fase pertama sampai pada fase terakhir proses pembelajaran berjalan dengan baik.
Kata Kunci : Pelaksanaan Model Cooperative Learning, Sosiologi
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 36
,
PDF Downloads: 820