Pengembangan Modul Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill PadaMata Kuliah Strategi Pembelajaran untuk Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan FIP-UNESA
Abstract
ATC21S (Assessment & Teaching of 21st Century Skills) mengelompokkan kecakapan abad 21 dalam 4 kategori, salah satunya adalah cara berpikir (ATC21S, 2013). Keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa merupakan salah satu barometer tingkat intelektualitas bangsa. Munculnya semboyan menuju world class university, Universitas Negeri Surabaya memiliki visi Excelent in Education Strong in Science. Dalam mewujudkan profil tersebut, perlu diselenggarakannya program-program keilmuan yang menunjang, salah satunya pada mata kuliah Strategi Pembelajaran yang merupakan penunjang kompetensi lulusan mahasiswa program Tujuan yang diharapkan dari hasil pengembangan ini adalah untuk menghasilkan modul cetak sebagai upaya untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skill(HOTS) mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Model pengembangan modul yang digunakan adalah Model Borg & Gall (2003). Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-postest yakni dengan membandingkan peningkatan keterampilan HOTS sebelum dan sesudah menggunakan modul. Hasil belajar mahasiswa yang diperoleh diperoleh hasil thitung > ttabel yakni 8,71 > 2,045, sehingga dapat dikatakan media modul pembelajaran cukup efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Peningkatan HOTS juga dilihat dari hasil Pretest dan Posttest, dimana kemampuan HOTS sebelum dan sesudah menggunakan modul mengalami kenaikan yakni 52,48% pada proses pretest dan 83,33% pada proses posttest.
Kata Kunci : Higher Order Thinking Skill (HOTS), kemampuan kognitif, modul cetak
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 19
,
PDF Downloads: 120