PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PENGENALAN ANAK AUTIS UNTUK GURU SEKOLAH DASAR INKLUSI

Authors

  • HINDY ALFRI A

Abstract

Anak penyandang autis merupakan bagian dari anak Indonesia yang mempunyai hak yang sama dengan anak normal lainnya. SDN Sedati Agung adalah salah satu sekolah di Sidoarjo yang telah melaksanakan program inklusi. Semua guru di sekolah inklusi memiliki beban kerja yang sama yaitu mengajar anak normal dan anak berkebutuhan khusus, namun setelah diadakan wawancara, guru memiliki kesulitan dalam proses belajar mengajar anak autis, banyak hal yang mereka belum mengerti tentang definisi, penyebab, ciri-ciri dan cara mengajar anak autis. Berdasarkan pada latar belakang yang telah dikemukakan, maka timbul rumusan masalah bahwa diperlukannya pengembangan media video Pengenalan Anak Autis untuk guru Sekolah Dasar Inklusi, bagaimana kelayakan media video, dan bagaimana efektivitas media video dalam meningkatan pengetahuan dan kinerja guru di SDN Sedati Agung Sidoarjo. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media video Pengenalan Anak Autis, mengukur kelayakan media video dan mengetahui efektivitas media video guru dalam meningkatan pengetahuan dan kinerja guru sekolah dasar inklusi di SDN Sedati Agung Sidoarjo. Media video pembelajaran ini dikemas dalam bentuk DVD dengan durasi 25 menit dan dilengkapi dengan bahan penyerta.

Pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang pengujiannya menggunakan desain uji coba Arief Sadiman sebagai acuan, dikarenakan model pengembangan ADDIE lebih tepat dengan langkah-langkah yang sistematis namun dengan penyajian yang sederhana dikombinasikan dengan keakuratan desain uji coba pengembangan Arief Sadiman  dengan berbagai tahap ujicobanya. Pengembangan media ini diperoleh jenis data kuantitatif dan kualitatif. Uji coba media dibagi menjadi 3 tahap, tahap pertama uji ahli materi dan media, tahap kedia uji perorangan dan kelompok kecil, dan tahap ketiga uji kelompok besar. Subjek uji coba yaitu 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, dan 18 guru sekolah dasar inklusi dalam uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah rerata nilai untuk wawancara, teknik perhitungan PSA (Penilaian Setiap Aspek) untuk  angket dan teknik uji-t untuk tes.

Hasil uji validasi kelayakan media video ini berdasarkan hasil wawancara ahli materi adalah 3,44 (baik), hasil wawancara ahli media adalah 3,00 (baik), hasil angket uji coba perorangan 83,55 (baik sekali), hasil angket uji coba kelompok kecil 80 (baik sekali), hasil angket uji coba kelompok besar 81,77 (baik sekali). Berdasarkan hasil belajar guru pada penggunaan media video diperoleh d.b = N-1 = 18-1 = 17 dengan taraf kesalahan 5% (0,05) adalah 2,110 dan t-hitung adalah 11,24. Apabila t-tabel < t-hitung, maka 2,110 < 11,24. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembang telah berhasil menghasilkan media video Pengenalan Anak Autis untuk Guru Sekolah Dasar Inklusi, media video Pengenalan Anak Autis untuk Guru Sekolah Dasar Inklusi layak digunakan dan terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media video pengenalan anak autis terhadap peningkatan pengetahuan dan kinerja guru sekolah dasar inklusi di SDN Sedati Agung Sidoarjo.

Kata Kunci : Pengembangan, Media Video,  Autisme, Sekolah Dasar Inklusi

Abstract

Children with autism are part of Indonesian children have the same rights as any other normal child. SDN Sedati Agung is one school in Sidoarjo that have implemented inclusion programs. All teachers in inclusive schools have the same workload that teach normal children and children with special needs, but after the interview is held, the teachers had difficulty in the learning process of children with autism, many of the things they do not understand about the definition, causes, characteristics and how teaching children with autism. Based on the background that have been raised, then the resulting formulation of the problem that the need for the development of video media Autistic Children Introduction to Inclusion Elementary School teacher, how the feasibility of video media, and how the effectiveness of video media in improving teachers' knowledge and performance in SDN Sedati Agung Sidoarjo. This development aims to produce a media product video introduction Autistic Children, measure the feasibility of video media and examine the effectiveness of video media in improving teacher knowledge and performance of elementary school inclusion teacher at SDN Sedati Sidoarjo. This instructional video media is packaged in a DVD with a duration of 25 minutes and comes with an accompanying material.

This development uses the ADDIE development model testing using test design Arief Sadiman as a reference, because the ADDIE development model is more precise with systematic steps yet simple presentation combined with the accuracy of the test design Arief Sadiman development at various stages of his tryout. The development of this medium get the type of quantitative and qualitative data. Media trial is divided into 3 phases, the first phase of the test material and media experts, the second phase of testing of individuals and small groups, and a third phase of testing large groups. Test subject matter experts are 2 people, 2 media experts, and 18 elementary school teachers inclusion in field trials. The data collection technique used is the average value for the interview, PSA calculation techniques (Rating Every Aspect) to a questionnaire and t-test techniques to test.

The results of the validation test the feasibility of video media is based on the results of the expert interview material was 3.44 (good), the result is a media expert interview 3.00 (good), the results of individual trials questionnaires 83.55 (excellent), the results of the test questionnaire small group of 80 (excellent), the results of questionnaire test large groups 81.77 (excellent). Based on a study of teachers in the use of video media obtained db = N-1 = 18-1 = 17 with a standard error of 5% (0.05) is 2.110 and the t-test is 11.24. If the t-table <t-count, then 2.110 <11.24. It can be concluded that the developers have managed to produce a video media introduction of Autistic Children for Inclusion Elementary School Teachers, media video introduction Autistic Child for Elementary School Teachers Inclusion fit for use and a significant difference between the use of video media recognition of children with autism to increased knowledge and performance of school basic inclusion  teachers in SDN Sedati Agung Sidoarjo.

Keywords : Development, Media Video, Autism, Inclusion Elementary School

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-06-25

How to Cite

ALFRI A, H. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PENGENALAN ANAK AUTIS UNTUK GURU SEKOLAH DASAR INKLUSI. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/8394
Abstract views: 36 , PDF Downloads: 68