Abstract
Media flashcard merupakan media yang bertujuan untuk mengingat dan menuntun siswa kepada sesuatu yang berhubungan dengan gambar di dalam flashcard. Dengan media flashcard dapat mempermudah penyampaian materi alat musik tradisional Indonesia yang sulit untuk diingat siswa dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media flashcard tentang alat musik tradisional Indonesia. Model pengembangan yang digunakan adalah model Research and Development (R&D) menurut Sugiyono. Pengumpulan data diperoleh melalui dokumentasi, wawancara kepada ahli materi dan ahli media, angket, serta tes. Analisis data yang digunakan bertujuan untuk mengetahui hasil perbandingan pada hasil belajar siswa sebelum menggunakan dan sesudah menggunakan media flashcard.Jenis data dari penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil analisis data dari wawancara dengan ahli materi dan media menyimpulkan bahwa media sudah baik. Sehingga pada hasil nilai dari pre-test dan post-test menggunakan analisis data uji tanda (sign test) diperoleh h adalah 32 untuk tanda positif. Dengan n adalah 32 untuk jumlah siswa dalam satu kelas dan α adalah 0,05 dari daftar tabel nilai kritis h untuk uji tanda di peroleh harga h yaitu 9. Dari hasil pengamatan diperoleh h = 32 dan ini lebih besar dari h = 9 pada tabel. Jadi hipotesis yang diperoleh bahwa hasil post test dapat diterima pada taraf nyata 0.05
Kata Kunci : flashcard, Hasil Belajar.
Abstract
Flashcard media is a media to recall and guide students toward something which has connection to picture in flashcard. By means of flashcard it can facilitate to deliver Indonesian traditional music tool materials which is hard to remember for students and also able to improve their learning outcomes. Aim of this research is to result in flashcard media about the Indonesian traditional music instruments. Model of development used in this research is Research and Development Mode in accordance with Sugiyono. Data was collected through documentation, interviewing subject experts and media experts, questionnaire, and test. Data analysis aims to compare students’ learning outcomes before and after using flashcard media. Type of data in this research is qualitative and quantitative data. Result of data analysis from interviewing subject experts and media experts concludes that the media is fine. So that result of pre test and post test using sign test analysis is h = 32 for positive sign. Wit n = 32 for amount of students in classroom and α = 0.05 from table with critical value h for sign test is 9. From observation h = 32 and this higher than h = 9 in table. So, hypothesis is result of post test can be accepted in real level 0.05.
Keywords : flashcard, learning outcomes
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 146
,
PDF Downloads: 204