Pengembangan Media Modul Mata Pelajaran TIK Materi Microsoft Word 2007 Semester Gasal Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Simomulyo VI Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media cetak modul mata pelajaran TIK materi MS. Word 2007 semester gasal untuk siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Simomulyo VI Surabaya. Pola pengembangan yang dipilih oleh pengembang adalah pola pengembangan yang dikembangkan oleh Sugiyono, media pembelajaran modul dikembangkan untuk memfasilitasi guru dan siswa yang sebelumnya mengajar tidak menggunakan bahan ajar serta dapat membantu siswa untuk melatih dalam mengoprasikan perangkat lunak pengola kata M.S Word 2007 baik di sekolah maupun di rumah.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan, teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan instrumen tes yaitu pre-test dan post-test. Teknik tes dipilih karena dapat membantu peneliti untuk mengetahui kemampuan siswa sebelum menggunakan media modul cetak pembelajaran dan sesudah menggunakan media modul cetak pembelajaran. Penelitian eksperimen dilaksanakan pada tanggal 26 Maret 2014 dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Simomulyo VI Surabaya dengan jumlah 30 siswa.
Dari hasil analisis data yang telah didapatkan oleh peniliti akan melalui tahap perhitungan uji t. Pada hasil pre-test dan post-test yang telah dilakukan, didapat hasil t-hitung lebih besar dari t-tabel dengan taraf signifikan 5% yaitu 7,15 > 2,045. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, hasil dari pengembangan media cetak modul menunjukan adanya perubahan hasil belajar yang signifikan terhadap siswa kelas V SDN Simomulyo VI Surabaya.
Kata Kunci: pengembangan media cetak modul, mata pelajaran TIK, dan
mengoprasikan perangkat lunak pengola kata.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 19
,
PDF Downloads: 278