Evaluasi Penerapan Building Learning Power dalam Kegiatan Belajar Mengajar pada Siswa Kelas VII di SMPN 1 Sidoarjo
Abstract
Tujuan Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi siswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Berdasarkan pada tujuan pendidikan nasional tersebut, pemerintah mencanangkan adanya penyeimbang antara hard skill maupun soft skill yang dimiliki oleh siswa. Dalam pelaksanaannya, sekolah menggunakan berbagai macam program, salah satunya adalah dengan Building Learning Power yang diterapkan oleh SMPN 1 Sidoarjo. Akan tetapi dalam pelaksanaannya, Building Learning Power memiliki beberapa hambatan, salah satu hambatan tersebut adalah guru hanya memahami nilai-nilai komponen Building Learning Power sesuai dengan arahan kepala sekolah saja. Berdasarkan pada hasil observasi awal, sekitar 80% guru belum memiliki referensi dari penerapan Building Learning Power. Oleh karena itu, perlu diadakan kegiatan evaluasi untuk dapat mengetahui kesesuaian pelaksanaan Building Learning Power dalam kegiatan belajar mengajar.
Model evaluasi yang digunakan adalah CIPP oleh Stufflebeam. Model evaluasi tersebut dijabarkan dalam empat komponen Context, Input, Process, dan Product yang sesuai untuk dapat mengevaluasi kegiatan belajar mengajar. Keempat komponen tersebut disesuaikan dengan empat nilai-nilai komponen Building Learning Power sehingga didapatkan indikator penelitian. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara sehingga memudahkan peneliti untuk mendapatkan data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa menunjukkan penerapan Building Learning Power dalam komponen Context desain pembelajaran memenuhi 2 dari 4 nilai indikator program tersebut. Hasil penelitian dalam Input kegiatan belajar mengajar menunjukkan telah memenuhi 4 dari 4 indikator nilai komponen penerapan Building Learning Power. Komponen Process dalam kegiatan belajar mengajar juga telah sesuai dengan memenuhi keseluruhan indikator nilai penerapan Building Learning Power. Hasil penelitian menunjukkan komponen produk dalam pelaksanaan Building Learning Power telah sesuai dengan komponen penerapan Building Learning Power. Salah satu rekomendasi dalam penelitian evaluasi ini adalah adanya referensi yang diberikan pada guru sesuai berdasarkan pada pengembangan Building Learning Power.
Kata kunci: Evaluasi, Building Learning Power, Proses Kegiatan Belajar Mengajar
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 30
,
PDF Downloads: 161