PENGEMBANGAN MEDIA KOMPUTER PEMBELAJARAN MATERI POKOK SUSUNAN BUMI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SDN KADIPATEN 1 KECAMATAN BOJONEGORO KABUPATEN BOJONEGORO

Authors

  • ERIKA DENY DWI HENDRA SETYAWAN

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, siswa mengalami kesulitan belajar dalam mata pelajaran IPA khususnya materi susunan bumi. Salah satu masalah yang timbul di SDN Kadipaten 1 Bojonegoro adalah masih kurangnya media pembelajaran sehingga guru menjelaskan materi hanya menggunakan buku paket dan hasil belajar siswa masih dibawah SKM yaitu rata-rata kelas 54,90. Berdasarkan alasan tersebut, maka pengembang media mengambil rumusan masalah “diperlukannya media komputer pembelajaran sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPA materi pokok Susunan Bumi yang layak dan efektif bagi siswa kelas V SDN Kadipaten 1 Bojonegoro. Dalam mengembangan media computer pembelajaran ini menggunakan metode research and development (R&D), dengan  desain uji coba produk yang telah dikembangkan dari model R&D untuk menguji kelayakan media yang dikembangkan. Data kuantitatif hasil uji validasi ahli materi I dan ahli materi II 95,66% (Sangat Baik), ahli media I dan II 84% (Sangat Baik), uji coba perorangan 96,67% (Sangat Baik), uji coba kelompok kecil 87,78% (Sangat Baik), uji coba kelompok besar 91,67% (Sangat Baik). Sedangkan hasil analisis data pre-test dan post-test didapatkan t hitung sebesar 12,482, setelah dikonsultasikan dengan t tabel taraf 5% d.b = 48-1=47 kemudian diperoleh t tabel sebesar 2,0117. Jadi, t hitung lebih besar dari tabel yaitu 12,482 > 2,0117. Berdasarkan pada hasil perhitungan t hitung dan t tabel terdapat perbedaan signifikan, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media dengan uji efektifitas dikatakan efektif karena t hitung lebih besar dari t tabel. Dari hasil keseluruhan penelitian pengembangan media komputer pembelajaran yang dilakukan di SDN Kadipaten 1 Bojonegoro pada mata pelajaran IPA kelas V materi pokok susunan bumi menunjukkan kategori sangat baik. Jadi, dapat diinterpresentasikan bahwa media komputer pembelajaran ini layak dan efektif untuk dikembangkan dan dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang dapat mengatasi masalah belajar dan menunjang proses pembelajaran.

Kata kunci: pengembangan, media komputer pembelajaran, mata pelajaran IPA, materi susunan bumi

 

ABSTRACT

 

Due to the observation, in lost students face obstacles in learning Science, especially about. The structure of the Earth. One of obstacles appears in SDN Kadipaten 1 Bojonegoro is that the teacher explains the material only from the text book as fact of the lack in the media aspect and student learning outcomes are still under SKM class average 54.90. Based on the explanation above, the developer of the media took formulation of the problem "need for learning computer media as a medium of learning in teaching science subject matter composition of the Earth is feasible and effective for students of classes V SDN Kadipaten 1 Bojonegoro. This research uses research and development (R&D) as the research method, with the trial design product that have been developed from R&D model to test the proper of that media.           Based on the data, the researcher gets 95,66% of matter expert I and II get excellent score, 84% gets of media expert I and II get excellent score, in individual test 96,67% get excellent score, while in small group test 87,78% get excellent as well as a large group test which shows 91,67% get excellent.               Due to the research, developing computer as the media in teaching the structure of the Earth in Science program to the five graders of SDN Kadipaten 1 Bojonegoro shows satisfying result. In conclusion, computer can be developed as a media which helps to solve learning problem and support the teaching and learning process.

Keywords: development, computer media in learning, science,  program the structure of earth

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-07-07

How to Cite

DENY DWI HENDRA SETYAWAN, E. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA KOMPUTER PEMBELAJARAN MATERI POKOK SUSUNAN BUMI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SDN KADIPATEN 1 KECAMATAN BOJONEGORO KABUPATEN BOJONEGORO. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/8469
Abstract views: 46 , PDF Downloads: 47