PENERAPAN METODE DIGITAL STORYTELLING PADA KETERAMPILAN MENCERITAKAN TOKOH IDOLA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KEDAMEAN, GRESIK
Abstract
Kondisi yang terjadi dalam proses belajar mengajar adalah penggunaan metode dalam pemberian tugas bercerita masih belum memberikan rangsangan kepada siswa untuk menggunakan media sehingga siswa cenderung tidak termotivasi dalam bercerita. Tujuan penerapan metode digital storytelling ini adalah Untuk mendeskripsikan proses penerapan metode digital storytelling pada keterampilan menceritakan tokoh idola Mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Kedamean Gresik. Penerapan metode digitalstorytelling menggunakan penelitian kualitatif. Metode dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui penerapan pembelajaran dengan metode digital storytelling berjalan dengan baik sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yangtelah disusun sebelumnya. Penelitian menghasilkan 29 draf cerita, 29 storyboard, dan 29 digital storytelling. Hal tersebut didukung dengan data hasil wawancara dengan guru dan data dokumentasi. Melalui observasi, juga diketahui bahwa guru membimbing dan memotivasi siswa utuk aktif serta antusias saat pembelajaran berlangsung.
Kata Kunci: penerapan, metode digital storytelling, keterampilan menceritakan tokoh idola, Bahasa Indonesia
Abstract
Conditions that occur in the learning process is the use of the method in the storytelling task is still not giving a disincentive to students to use media that students tend not to be motivated in storytelling. The purpose of the application of this digital storytelling method is to describe the process of implementing a digital storytelling methods to tell the skills idol Subjects Indonesian students of class VII in SMP Negeri 1 Gresik Kedamean. The application of digital storytelling methods using qualitative research. Methods in data collection using observation, documentation and interviews. Based on the research results, it is known the application of learning with digital storytelling method goes well according to the lesson plan that had been developed previously. The study resulted 29 draft stories, 29 storyboards, and 29 digital storytelling. This is supported by data from interviews with teachers and data documentation. Through observation, it is also known that the teacher guide and motivate the students to active and enthusiastic when learning takes place
Keywords: implementation, digital storytelling method, idol telling skill, Bahasa Indonesia
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

