EVALUASI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING (PEMECAHAN MASALAH) MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATAKAN HASIL BELAJAR KELAS VI DI SDN MENANGGAL 601 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dalam berfikir kritis dan kemampuan memecahkan masalah dengan menggunakan metode pemecahan masalah dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan mengaktifkan belajar peserta didik, meningkatkan keterampilan peserta didik, belajar diskusi, dan tanya jawab, yang dilaksanakan di SDN Menanggal 601 pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui kesesuaian penerapan metode pembelajaran pemecahan masalah 2). Peningkatan hasil belajar dengan penerapan metode pembelajaran pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika sub bab bangun datar segi banyak di kelas VI di SDN Menanggal 601 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan Model Iluminative, yang meliputi tahap penelitian Sistem Instruksional dan Lingkungan Belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi partisipatif, dokumentasi dan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif, dengan membandingkan hasil penelitian dengan kriteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian antara pelaksanaan pembelajaran Matematika materi bangun datar segi banyak di SDN Menanggal 601 Surabaya adalah proses kegiatan pembelajaran yang dilakasanakan guru belum melakukan penerapan metode pemecahan masalah. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil observasi yang menunjukkan bahwa penerapan metode pemecahan masalah belum terlaksana dalam kegiatan proses belajar mengajar pada bangun datar segi banyak dan dokumentasi RPP yang diperoleh dari guru.
Kata kunci : evaluasi pembelajaran, metode pemecahan masalah.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 113
,
PDF Downloads: 221