Abstract
Berdasarkan Penelitian yang terjadi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yaitu siswa kelas IV memiliki keterbatasan dalam menceritakan kembali tentang “Kisah Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW”. Siswa mengalami kesulitan memahami peristiwa Isra Mi’raj dan proses penerimaan perintah shalat serta mengambil hikmah dari peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Selain itu, guru kelas IV MI Ma’arif Durung Banjar Candi Sidoarjo memiliki keterbatasan dalam mendramatisasikan “Kisah Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW” untuk memberikan imajinasi kepada siswa. Hal ini menjadikan siswa kelas IV tidak memperhatikan guru saat pembelajaran pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berlangsung. Sehingga menyebabkan proses kegiatan pembelajaran menjadi terhambat dan siswa menjadi kurang aktif.
Tujuan pengembangan media audio pembelajaran ialah untuk menghasilkan sebuah produk berupa media audio pembelajaran yang dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dikelas dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah prosedur model pengembangan Pustekkom (Warsita, 2008:227), media audio pembelajaran ini diuji cobakan kepada siswa kelas IV MI Ma’arif Durung Banjar Candi Sidoarjo pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Pengumpulan data dilakukan instrument wawancara terstruktur untuk ahli materi, ahli media dan instrument angket dan tes bagi siswa. Analisis data hasil belajar siswa digunakan evaluasi bentuk tes yaitu pre-test dan post-test dengan membandingkan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah memanfaatkan media audio pembelajaran.
Jenis data yang di peroleh adalah berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji coba kelayakan media audio pembelajaran hasil pengembangan pada uji coba ahli materi I dengan 98,9% kategori sangat baik, ahli materi II dengan 95,8% kategori sangat baik, ahli media I dengan 79,8% kategori baik, ahli media II dengan 90,6 kategori sangat baik, uji coba orang perorang dengan 95,6% kategori sangat baik, Evaluasi kelompok kecil 89,5% kategori baik sekali. Uji coba lapangan 96,8% kategori sangat baik. Dapat disimpulkan media audio pembelajaran dinyatakan sudah layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Sedangkan untuk hasil tindakan untuk mengetahui keefektifan media audio pembelajaran dari hasil nilai pre-test dan post-test maka analisis data dengan thitung (3,04) > ttabel (2,22), demikian terdapat peningkatan tersebut dapat diinterprestasikan bahwa media audio pembelajaran dapat meningkatkan hasil siswa kelas IV MI Ma’arif Durung Banjar Candi Sidoarjo pada materi Kisah Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW.
Kata Kunci : Pengembangan, Media Audio, SKI, Hasil Belajar
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 106
,
PDF Downloads: 154