PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR SERI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI KEBONDALEM MOJOKERTO
Abstract
Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri kebondalem Mojokerto siswa kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kompetensi menulis karangan narasi berdasarkan gambar seri tentang pengalaman dengan memperhatikan pilihan ejaan. Kondisi nyata yang dialami di Sekolah Dasar Negeri Kebondalem Mojokerto siswa kelas V guru mengajarkan siswa dengan model tradisional, tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran menulis karangan yang utuh dan benar sedangkan siswa belum mampu menumbuhkan ide-ide dalam hal mengarang dan belum bisa menangkap ungkapan karangan yang disampaikan guru melalui lisan tentang bagaimana cerita karangan yang disampaikan oleh guru tersebut. Media gambar seri digital sesuai dengan tujuan pembelajaran menulis karangan untuk menumbuhkan ide-ide siswa dalam menulis karangan.
Pengembangan media ini menggunakan model pengembangan Research & Development (R&D) dimulai dari tahapan penelitian dan pengumpulan data dan berakhir pada tahapan implementasi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara, angket sebagai pedoman untuk merevisi media gambar seri digital, dan tes evaluasi untuk mengetahui peningkatan hasil belajar. Berdasarkan data hasil validasi media yang dikumpulkan dapat disimpulkan bahwa Ahli materi 95,22%, Ahli media 81,4%, Uji coba perorangan 83,33%, Uji coba kelompok kecil 89,66%, Uji coba kelompok Besar 94,86%, hasil uji-t ternyata t hitung lebih besar dari pada t tabel yaitu 5,55 > 2,021. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media gambar seri digital dinyatakan layak dan dapat membantu proses belajar mengajar oleh guru dan meningkatkan kemampuan menulis karangan.
Kata Kunci: Pengembangan, media gambar seri digital, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Abstract
Learning in elementary school the country kebondalem Mojokerto grade V Indonesian Language competence Subjects writing narrative essays based on a picture series about experience with attention to the choice of spelling. The real conditions that plagued the country in the elementary school Kebondalem grade V Mojokerto teachers teach students with a traditional model, not in keeping with the purpose of learning to write essays that are intact and properly while the students haven't been able to cultivate ideas in terms of writing and haven't been able to catch the bouquet expressions conveyed through oral stories about how the bouquet presented by the teacher. Media images series of digital complies with the goal of learning to write essays to cultivate students ideas in writing essays..
This media development using model of research & development (R & D) started from the research and ended at the stage of implementation. Engineering data interview, using the instruments chief as a guideline to revise a series of digital media and tests evaluation to know the results of study. Based on the results of the validation data media is collected it can be concluded that 95,22% material Experts, media expert for 81.4%, individual trial 83,33%, a small group of test 89,66%, large groups of test 94,86%, t-test results turned out t count greater than t table that is 5.55 > 2,021. It can be concluded that the development of digital media picture series was declared eligible and can help the process of teaching and learning by teachers and improve the ability of writing the essay.
Keywords: Development, Media Images of Digital Series, Indonesian Language Subjects
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 254
,
PDF Downloads: 321