PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO BONEKA TANGAN DALAM PEMBELAJARAN HARGA DIRI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS 3 SDN SUMBEREJO 2 PAKAL SURABAYA

Authors

  • EKA HAJAR WATI

Abstract

Pendidikan kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang  mempelajari tentang pedoman, pemahaman, pengertian, dan pengayoman nilai moral yang terkandung dalam materi ilmu pendidikan kewarganegaraan. Pendidikan kewarganegaraan dianggap sebagai salah satu mata pelajaran penting dalam proses pendidikan. Pembelajaran materi Pendidikan Kewarganegaraan SD khususnya materi harga diri yang abstrak, maka untuk membantu siswa dalam proses belajar maka memerlukan bantuan media. Dari permasalahan tersebut, maka tujuan dari pengembangan ini adalah untuk mengembangkan sebuah media video boneka tangan  untuk siswa kelas III SDN Sumberejo 2 Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi harga diri.

Pengembangan media ini menggunakan model pengembangan Research & Development yang dimulai dari tahapan penelitian pengumpulan data dan berakhir pada revisi uji coba lapangan operasional. Subjek uji coba dalam pengembangan media ini adalah ahli materi, ahli media, siswa kelas III SDN Sumberejo 2 Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara, angket sebagai pedoman untuk merevisi media video boneka tangandan tes evaluasi untuk mengetahui keefektifan media.

Jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif, hasil uji coba kelayakan media, asil uji coba validasi ahli materi dikategorikan sangat baik dan ahli media dikategorikan sangat baik, uji coba kelayakan perorangan dikategorikan sangat baik, uji cob kelayakan kelompok kecil dikategorikan sangat baik, dan berdasarkan pretes dan postes dengan taraf signifikasi 5% t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 4.81 > 2.021. Maka dapat disimpulkan bahwa media video boneka tergolong efektif karena dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Kata Kunci : Pengembangan, media video boneka

 

Abstract

Civic education is the subject to learn about the guidelines, comprehension, understanding, and protection of moral values ??contained in the material science of citizenship education. Citizenship education is considered as one of the important subjects in the educational process. Learning material Civics SD particular abstract material self, then to assist students in the learning process then requires the help of the media. These problems, the goal of this development is to develop a hand puppet video media for third grade students of SDN 2 Sumberejo Civics Lesson material self-esteem. In addition to produce, resulting also guide the use of video media puppet.

This media development model development Research & Development starting from the stage of research and data collection ended in a revised operational field trials. Test subject in the development of this medium is matter experts, media experts, third-grade students of SDN 2 Sumberejo Surabaya.

The type of data that is obtained in the form of qualitative and quantitative data, the results of testing the viability of the media, acyl matter expert validation trials categorized as very good and very well categorized media expert, testing the viability of individuals categorized as very good, cob test the feasibility of a small group of very well categorized, and based on pretest and posttest with a 5% significance level t is greater than t table is 4.81> 2.021. It can be concluded that the video media puppets classified effectively as it can improve student achievement.

Keywords : Keywords: Development, media video puppets

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-08-14

How to Cite

HAJAR WATI, E. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO BONEKA TANGAN DALAM PEMBELAJARAN HARGA DIRI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS 3 SDN SUMBEREJO 2 PAKAL SURABAYA. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/8813
Abstract views: 69 , PDF Downloads: 96