PENGEMBANGAN MEDIA DIORAM TIGA DIMENSI UNTUK MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI POKOK KERJA PAKSA KELAS 5 SEKOLAH DASAR NEGERI 1 CANDINEGORO WONOAYU SIDOARJO

Authors

  • MAS HUDUL KHAQ

Abstract

Ilmu merupakan suatu pengetahuan yang dikaji oleh akal dan pikiran yang direalisaikan dengan pengalaman dan ilmu dibagi sendiri dan sesuai dengan bidangnya seperti Ilmu Pengetahuan Sosial yaitu ilmu atau pengetahuan mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan msyarakat, di Indonesia pelajaran ilmu pengetahuan sosial disesuaikan dengan prespektif sosial yang berkembang di masyarakat. Pelajaran IPS ini dijadikan sebuah mata pelajaran penting di SD diamana di sekolah akan beljara mengenai tentang peristiwa bersejarah yang terjadi di Indonesia. Banyak hal yang melandasi fenomena mengapa siswa harus mengenal dan mengetahui tentang peristiwa dan mengetahui apa yang terjadi pada zaman penjajahan dulu. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pengetahuan sescara riil tentang apa yang terjadi di zaman dahulu. Karena sebagaian besar guru dalam penyampaian pembelajaran mengalami kesulitan untuk menjelaskan materi-materi tertentu terutama yang bersifat visual. Seperti halnya yang terjadi pada SDN 1 Candinegoro Wonoayu Sidoarjo dimana karakteristik siswa di SD kelas V proses abstrak mereka masih berkembng sehingga sulit mereka untuk membayangkan tanpa da gambaran secara riil. Berdasarkan alasan tersebut, maka tujuan pengembangan media ini adalah untuk menghasilkan Media diorama tiga dimensi sebagai proses pembelajaran pada bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial.

 

               Pengembangan media menggunakan model pengembangan R&D oleh Sugiyono, model pengembangan ini dipilih karena langkah-langkah pengambangan yang sistematis dan mudah dilaksanakan dalam penilitian. Model pengembangan ini memiliki sepuluh tahap pengembangan yang komplit untuk kebutuhan pengembangan sehingga bepotensi untuk menghasilkan produk atau media yang baik dan layak digunakan dalam pembelajaran. Disesuaikan dengan kebutuhan penelitian ini hanya menggunakan sembilan tahapan yakni potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakain, revisi produk.

 

                Pengembangan media ini menggunakan jenis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil uji validasi kelayakan Media diorama tiga dimensi oleh ahli materi I dengan 3,1 dengan kategori layak, ahli materi II dengan 3,1 dengan kategori layak, ahli media I dengan 3 dengan kategori layak, ahli media II dengan 3 dengan kategori layak, angket siswa dengan 79,42 dengan kategori layak. Berdasarkan hasil belajar siswa menggunan media dioram tiga dimensi diperoleh d.b = N-1 = 33-1 = 32 dengan taraf kesalahan 5% (0,05) adalah 2,42 dan t-hitung adalah  10,86. Apa bila t-tabel < t-hitung,, maka 2,42 < 10,86. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan Media diorama tiga dimensi terhadap kemampuan siswa dalam mengetahui peristiwa romusha pada waktu penjajahan jepang di SDN 1 Candinegoro Wonoayu kab. Sidoarjo

 

Kata Kunci : Pengembangan, Media Dioarama Tiga Dimensi, Ilmu Pengetahuan Sosial, Kerja Paksa

Abstract

Science is a knowledge that isassessed by the intellect and the mind with their own experience and knowledge and shared in accordance with the fieldsuch as Social Sciences is the science or knowledge of anything related to public, in Indonesian social science subjects adapted to the evolving social perspective in the community. Social studies isused as an important subject in elementary school where will study theh is to ricevents that occurred in Indonesia. Many things thatunderliethe phenomenon of why students need to know and find out about events and find out what happened during colonial era.That is because a lack of knowledge about the real what happened inancient times. Because most teachers in the delivery of learning have difficulty explaining certain materials that are primary visual.As was the case at SDN1CandinegoroWonoayu Sidoarjo in which the characteristics of fifth grade elementary school students in their abstract process still so difficult to imagine them without real picture. Based onthese reasons, the purpose of this development is togenerate medium as athree-dimensional diorama of the learning processin the field of studySocial Sciences.

 

               Media development using the development model of R&D by Sugiyono, development model shave been floating steps are implemented in asystematicandeasypenilitian. Thisdevelopmentmodelhastenstages ofdevelopmentfor thecompletedevelopment needsso potensitoproducea productorgoodandworthyof mediaare usedin learning. Tailored to theneeds ofthis study only uses nine stages of the potential and problems, data collection, product design, designvalidation, designrevisions, producttesting, product revision, trialusage, productrevision.

 

               This media development using quantitative and qualitative datatypes.The results ofthe validation test the feasibility of a three-dimensional diorama media by a material with acategoryI with decent3.1, a material with acategory II witha decent3.1, media experts with acategoryI with 3 decent, media experts with acategoryII with 3 decent, question students with79.42with decent category. Based on the results of student learning to use obtaine three-dimensional mediadioram db=N-1 =33-1=32with a standard of 5%(0.05) is 2.42 and thet-testis10.86. What if thet-table <t-test, then2.42<10.86.It can be concluded there is a significant influence in the use ofthree-dimensional diorama.mediaonstudents' ability to determine events romusha the Japanese colonial period in SDN 1 Candinegoro Wonoayu Sidoarjo

 

Key Words : Development, Media Dioarama Three Dimensions, Social Sciences, Labour

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-08-14

How to Cite

HUDUL KHAQ, M. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA DIORAM TIGA DIMENSI UNTUK MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI POKOK KERJA PAKSA KELAS 5 SEKOLAH DASAR NEGERI 1 CANDINEGORO WONOAYU SIDOARJO. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/8815
Abstract views: 83 , PDF Downloads: 93