PENGEMBANGAN MEDIA KOMPUTER PEMBELAJARANPADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIAKELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SINGGAHAN

Authors

  • ANINDY OKTA HARISANDY
  • ANINDY OKTA HARISANDY

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 1 Singgahan siswa mengalami kesulitan dalam
memahami materi. Faktor yang mempengaruhi adalah penjelasan gurang yang tidak maksimal dan
dengan menggunakan buku paket dan LKS yang sebagian besar berwarna hitam putih sehingga
pemahaman visualisasi siswa kurang. Pembelajaran masih menggunakan metode klasikal yakni
ceramah dengan hanya menggunakan papan tulis sehingga proses bembelajaran didalam kelas
monoton. Selain itu kurang dimanfaatkannya ruang multimedia dan komputer. Untuk itu perlu variasi
dalam pembelajaran dalam mata pelajaran Biologi Metode pegembangan yang digunakan dalam media
komputer pembelajaran ini adalah research and development, dengan desain uji coba produk yang telah
dikembangkan dari model R&D untuk menguji kelayakan untuk dikembangkan. Metode pengumpulan
data menggunakan dokumentasi, observasi, dan angket. Data hasil pengembangan divalidasi yang
terdiri dari penilaian ahli dan uji coba. Hasil analisis data dan pengembangan, terhadap uji ahli materi I
100% yakni tergolong sangat baik, terhadap uji ahli materi II 100% yakni tergolong sangat baik,
terhadap uji ahli media I 80% yakni tergolong baik, terhadap uji ahli media II 80% yakni tergolong
baik, sedangkan uji coba peserta didik kelompok besar yakni 89,57% tergolong sangat baik.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan dengan menggunakan komputer
pembelajaran dapat membantu siswa dalam memahami materi sistem pencernaan makanan pada
manusia.


Kata kunci : pengembangan, media komputer pembelajaran
ABSTRACT : Based on result of the observation in SMPN 1 Singgahan, students experience difficulty
in comprehending the material. Factors that influence this problem are explanation of the teacher that
not maximized and by using textbook and student worksheet which most are not colored so
visualization comprehension of the students are less. Method of learning still uses classical method that
is lectures by only use whiteboard so that process of learning in classroom is running monotonously.
Beside, utilization of multimedia and computer is still less. Therefore, variation in method of learning
in subject of biology. Method of development used in this computer based learning media is research
and development with product trial design which has been developed from R&D model to test its
development worthiness. Data collection method uses documentation, observation, and questionnaire.
Data of development result is validated by experts and trials. Result of data analysis and development
toward subject expert number 1 is 100% which is very good categorization and toward subject expert
number 2 is 100% which is very good categorization, toward media expert number 1 is 80% which is
good, while toward trial to big group of learner is 89.7% which is very good.
Conclusion of this research indicates that treatment by using computer based learning able to
help students in comprehending material of human digestive system.
Keywords: development, computer based learning media.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-08-15

How to Cite

OKTA HARISANDY, A., & OKTA HARISANDY, A. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA KOMPUTER PEMBELAJARANPADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIAKELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SINGGAHAN. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/8879
Abstract views: 15 , PDF Downloads: 24