EVALUASI PROGRAM ON THE JOB TRAININGDI SMK NEGERI 3 BUDURAN SIDOARJO
Abstract
Program On The Job Training (OJT) merupakan progam pembelajaran praktek keahlian siswa di industri yang diterapkan di SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo termasuk jurusan listrik kapal. Tujuan dari pelaksanaan program OJT adalah meningkatkan keahlian, mengenalkan suasana kerja yang sebenarnya, dan mengurangi kesenjangan pengetahuan di sekolah dengan di industri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi (1) context meliputi ketercapaian tujuan; (2) input meliputi kesesuaian tujuan dengan materi, kesesuaian pemateri dengan kriteria siswa; (3) process meliputi pelaksanaan program; dan (4) product meliputi hasil program. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif model CIPP (context, input, process, dan product). Sampel penelitian menggunakan total sampling siswa kelas XII jurusan listrik kapal. Subjek dari penelitian ini adalah siswa, guru, dan instruktur industri. Teknik pengumpulan data dengan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data observasi menggunakan koefisien kesepakatan, angket menggunakan analisis berdasarkan kriteria penilaian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas program OJT belum sesuai dengan kiteria minimal yang ada, di antaranya: a) input: kualifikasi guru yang ada masih di bawah standart minimal. Kualifikasi instruktur industri, satu dari ketiga instruktur industry yang berbeda menunjukkan ketidaksesuaian dengan standart minimal yang ada; b) process: terjadi beberapa hambatan yang terkesan dibiarkan oleh pihak instruktur industri, sehingga mengakibatkan tidak maksimalnya process program yang seharusnya; c) product: sikap kurang jujur instruktur industry terhadap penilaian program. Pelaksanaan program OJT ini berdampak signifikan terhadap kemampuan analitis siswa. Pada penilaian process kemampuan siswa, indikator berfikir analitis dengan rata-rata 66,5 termasuk dalam kategori baik. Simpulannya program OJT dapat dilanjutkan tapi memerlukan revisi pada beberapa komponen input, process dan product.
kata kunci: evaluasi program, CIPP, On The Job Training
Abstract
Program of On the Job Training (OJT) is a student learning program in industrial practice expertise applied in SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo including electrical majors ship. The purpose of the implementation of the OJT program is to increase the skills, introducing the actual work environment, and lessen the gap of knowledge in the industry with the school. The goal of this study was to evaluate (1) the context includes the achievement of the objectives (2) inputs include conformity with the purpose of the material, the material pre conformity with the criteria of the student; (3) process includes the implementation of the program; and (4) the product includes the results of the program. This study used a descriptive quantitative research models CIPP (cotext, input, process and product). The research sample using total sampling class XII students majoring in electric ship. Subjects of this study were students, teachers and industry instructors. Data collection techniques with questionnaires, interviews, observation and documentation. Observation data analysis techniques using the coefficient of agreement amd using a questionnaire based on the analysis of the assessment criteria.
The results showed that the effectiveness of the OJT program does not meet the minimum criteria that exist, such as: a) Input: teacher qualifications is still below the minimum standard. Qualified instructor industry, one of the three instructors of different industries show incompatibility with the existing minimum standards; b) process: occurs several obstacles that impressed by the instructor left the industry, resulting in maximum process not a program that should have been; c) product: less honest attitude towards assessment program instructor industry. The implementation of the OJT program is a significant
impact on students' analytical abilities. In the assessment process the student's ability, analytical thinking indicators with an average of 66.5 included in both categories. Conclusion OJT program can be continued but require revision at some component input, process and product.
keyword: evaluation program, CIPP, On The Job Training
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 75
,
PDF Downloads: 150