Authors

  • DIDIET RESTU HERYANTO

Abstract

Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik pada suatu lingkungan belajar. Guru berperan penting dalam kegiatan belajar mengajar terutama membuat suasana lingkungan belajar mengajar yang kreatif bagi kegiatan belajar siswa. Media merupakan salah satu komponen integral dalam suatu sistem pembelajaran. Salah satunya yaitu media video animasi yang bersifat menyajikan informasi dalam bentuk suara dan visual yang berbentuk 2 Dimensi, sehingga siswa lebih mudah untuk menerima pesan yang terkandung dalam video tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat media video animasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran bahasa Indonesia memahami cerita rakyat yang dituturkan. Objek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik. Jumlah sampel yang diamati mencapai 49 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu 24 siswa kelas Bahasa dan 27 siswa kelas IPA. Perlakuan diberikan dengan memberikan media video animasi cerita rakyat yang berjusul”Si Cantik Ringkitan dan Beruang Kuskus” dan buku teks. Teknik analisa data menggunakan analisis uji-t terhadap perbedaan hasil belajar dari dua kelompok sampel baik sebelum perlakuan maupun setelah perlakuan.

Hasil analisis data  dan pengujian menunjukkan setelah diberikan perlakuan hasil observasi kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru diperoleh hasil 93,58% saat memanfaatkan media video animasi cerita rakyat, serta dari hasil pengamatan kegiatan siswa diperoleh 93,93% saat kegiatan pembelajaran menggunakan media video animasi cerita rakyat. Dari hasil uji-t menunjukkan thitung 5,344 sedangkan ttabel dengan menggunakan taraf signifikan 5% adalah 2,02. Hal ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel atau thitung 5,344 > ttabel 2,02, maka dapat dikatakan hasil belajar siswa dengan memanfaatkan media video animasi cerita rakyat meningkat. Dengan demikian (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa perlakuan dengan menggunakan media video animasi cerita rakyat lebih efektif meningkatkan hasil belajar dibandingkan dengan menggunakan media buku teks pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Driyorejo gresik

Kata kunci: Pengaruh media, media video animasi, buku teks, Hasil belajar.

 

ABSTRACT

Learning is an interaction process between learners and teacher in a learning environment. Teachers have an important function in learning and teaching activities mainly in creating creative learning and teaching environment for a learning system. Media is an integral component in a learning system. Among others is animation video media which provide information in audio and visual format and two dimension format as well so that students more easily understand messages contained in that video.

This research aims to know benefit of animation video media in improving learning outcomes of students especially in subject of bahasa in comprehending folktale. Object of the research is students grade X SMAN 1 Driyorejo Gresik. Amount of sample is 49 students divided into two class that is 24 students of bahasa  class and 27 students of IPA class. Treatment is given by giving animation video media containing folktale  with the title “The beautiful Ringkitan and The Kuskus Bear” and  textbooks.  Data analysis technique uses t-test analysis to the distinction  of learning outcomes  from two sample group  before and after treatment.

 Results of data analysis and examination indicate that after treatment, results of learning activity observation conducted by the teachers obtain 93.58% in time of utilizing animation video media containing folktale and from results of students activity observation obtain 93.93% in time of learning using animation video media containing folktale. From results of t-test indicate that t calculated 5.344 and t table by using significance level 5% is 2.02. This indicates that t calculated is higher than t table or t calculated 5.344 > t table 2.02 so it can be assumed that learning outcomes of students  by utilizing animation video media containing folktale increases.  Therefore H0 is rejected and Ha is accepted. Conclusions of this research indicate that treatment by using animation video media containing folktale more effective improve learning outcomes than by using textbooks media to students grade X SMAN 1 Driyorejo Gresik.

Keywords   :   influence of media, animation video media, textbooks, learning outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-08-15

How to Cite

RESTU HERYANTO, D. (2014). Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/8882
Abstract views: 113 , PDF Downloads: 130