PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI POKOK PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA PADA KELAS VIIIB SEMESTER II DI SMP NEGERI 1 DRIYOREJO GRESIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk media audio pembelajaran yang layak dan efektif untuk digunakan pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Driyorejo Gresik karena dalam menyampaikan materi guru hanya menggunakan metode ceramah, sedangkan materi yang disajikan banyak dan waktu yang disediakan sedikit. Sehigga tidak semua materi dapat diterima dengan baik. Media audio disajikan dengan format feature yang dikemas dalam format compact disk. Penelitian ini menggunakan pendekatan model pengembangan Bambang Warsita. Tahap pengujian dilakukan terhadap kelayakan produk sebagai media pembelajaran. Evaluasi media dilakukan kepada dua orang ahli materi, dua orang ahli media pembelajaran dan siswa kelas VIIIB sebagai subjek uji coba untuk mendapatkan masukan saran mengenai kelayakan media dari segi materi maupun media. Dengan menggunakan instrumen angket dan wawancara Teknik analisis data menggunakan teknik perhitungan presentase setiap aspek dan presentase seluruh program. Pengujian efektivitas media pembelajaran menggunakan metode observasi dan tes. Observasi dunakan untuk menilai proses pembelajaran dengan memanfaatkan media audio. Tes yang dilakukan terdiri dari pretest dan post-test dengan bentuk tes tertulis pilihan ganda. Metode yang digunakan untuk menganalisis data efektivitas menggunakan t-test.
Berdasarkan hasil pengujian, didapatkan hasil (1) penilaian dari ahli materi menunjukkan rata-rata setiap variabel kategori “sangat baik” dengan nilai terhadap produk sebesar 98,2. Hasil penilaian ahli media menunjukkan rata-rata setiap variabel kategori “sangat baik” dengan nilai terhadap produk sebesar 84,5. Uji coba satu-satu rata-rata setiap variabel pada aspek materi dan aspek teknis dikategorikan “sangat baik” dengan nilai sebesar 100 dan 96,3. Uji coba kelompok kecil rata-rata setiap variabel pada aspek materi dan aspek teknis dikategorikan “sangat baik” dengan nilai sebesar 94,98 dan 98,5. (2) penilaian terhadap proses pembelajaran dengan memanfaatkan media hasil yang diperoleh dari pengamat I dan pengamat II kemudian di konsultasikan dengan kontingensi kesepakatan (KK). Hasil yang diperoleh dari kontingensi kesepakatan (KK) menunjukkan angka 0,88. Setelah dibandingkan dengan r tabel (nilai r tabel 0,404) dapat disimpulkan bahwa r hitung lebih besar dari r tabel maka dikatakan reliabel. efektivitas dari penggunaan media kepada siswa diperoleh berdasarkan hasil dari soal pre-test dan post-test, setelah data yang di peroleh diolah maka didapatkan harga t-hitung sebesar 4,636 . Setelah di bandingkan dengan t-tabel (nilai t-tabel 2,04) maka dapat ditarik kesimpulan bahwa media audio sangat efektif untuk diterapkan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci : pengembangan, media audio, poklamasi kemerdekaan Republik Indonesia
ABSTRACT
This research aims to produce a proper and effective product of audio based learning media to be used in social science subject in SMPN 1 Driyorejo Gresik because only teachers in presenting the material using the lecture method, while much of the material presented and the time provided little. With the result that all of the material can’t be accepted by both. Audio media is provided with feature format which is packaged in compact disc. This research uses development model approach by Bambang Warsita. Stage of examination is conducted to properness of product as a learning media. Media evaluation is conducted to two experts of material, two experts of learning media and students grade VIII B as subject of trial to obtain feedback about the properness of media from material and media aspects. By using instrument of questionnaire and interview, data analysis technique uses percentage calculation technique in each aspects and percentage of all programs. Examination of effectiveness of learning media uses observation and test methods. Observation is used to assess process of learning by utilizing audio media. Test consists of pretest and posttest with multiple choice written test. Method used to analyze effectiveness of data uses t-test.
Based on result of examination, the result is (1) assessment by expert of material indicates that in average each variable is “very good” with value of product is 98.2. Assessment of media experts indicates in average each variabel is “very good” with value of product is 84.5. one to one trial in average each variable on material aspect and technical aspect is very good with value of product is 100 and 96.3. Little group trial in average each variable on material aspect and technical aspect is very good with value of product is 94.98 and 98.5. (2) assessment to process of learning by utilizing audio media, result by observer I and observer Ii then will be consulted with agreement contingency. Result of agreement contingency indicates value of 0.88. After being compared with r table (r table = 0.404) it can be concluded that r calculated is higher than r table therefore it can be assumed as proper. Effectiveness of media utilization to students which is obtained based on result of pre test and post test questions, after the obtained data is processed then it obtains t calculated is 4.636. After being compared with t table (t table = 2.04) then it can be concluded that the audio media is very effective to be implemented in learning process.
Keywords: development, audio media, declaration of independence of the Republic of Indonesia.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 14
,
PDF Downloads: 27