PEMANFAATAN MEDIA VCD PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 KARANGBINANGUN LAMONGAN
Abstract
Proses belajar mengajar atau proses pengajaran merupakan suatu kegiatan melaksanakan kurikulum suatu lembaga pendidikan agar dapat mempengaruhi para siswa mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan pendidikan pada dasarnya mengantarkan para siswa menuju pada perubahan-perubahan tingkah laku baik intelektual, moral maupun sosial. Dalam mencapai tujuan tersebut siswa berinteraksi dengan lingkungan belajar yang diatur guru melalui proses pengajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat media VCD pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya mata pelajaran IPA Biologi materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karangbinangun Lamongan. Jumlah sampel yang diambil mencapai 44 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas C dan kelas D dengan jumlah sebaran secara proporsional yaitu masing-masing 22 siswa. Perlakuan diberikan dengan menggunakan media VCD pembelajaran dan menggunakan buku paket pegangan siswa terhadap dua kelompok sampel. Teknik analisa data menggunakan analisis uji t hitung terhadap perbedaan hasil belajar dari dua kelompok sampel baik sebelum perlakuan maupun setelah perlakuan.
Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian menunjukkan bahwa setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media VCD Pembelajaran pada kelas C dan buku paket pegangan siswa pada siswa kelas D, terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada kategori nilai “baik” dari 1 siswa pada kelas C sebelum perlakuan dan menjadi 15 siswa setelah perlakuan. Hasil uji t antara nilai siswa pre test dan post test didapatkan t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 149,429>2,07. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa kelas D pada kategori “baik” dari 1 siswa menjadi 21 siswa. Hasil uji t nilai siswa pre test dan post test didapatkan t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 186,137>2,07. Dengan demikian Ha (Hipotesis alternatif) dapat diterima. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa perlakuan dengan memanfaatkan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA Biologi materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan pada siswa kelas VIII SMP Negeri Karangbinangun Lamongan.
Kata kunci : Media Belajar, VCD (Video Compact Disk), Buku Paket, Hasil Belajar.
ABSTRACT : The teaching and learning process is an activity which is done in order to implement the curriculum of an education so it could affect the students effort while achiefing the guals that have been seftled. The goal of education is basically, bring the studens into a change of their intelektual, moral and social environment which is arraged by the teacher throught the teaching and learning activites.
This study was aimed to know the use of VCD learning media in increating the students learning autcomes, especially in science biology in the material of the student and the plant tissues. The objects of this study were the eight graders or grade eight-students of SMP Negeri 1 Karangbinangun Lamongan. The samples of this study were the 44 student which were divided in to two classes, C and D each of class has 22 students. The treatment was given by using VCD learning media and using students textbook to the two groups of sample. The data analisys technidue used t calculation test analysis foward the difference of learning outcomes from the 2 groups of sample, before and after given such a treatment.
Based the result of data analysis and test, it indicated that after being given such a treatment by using VCD learning media on class C and students’ textbook on students of class D, there was improvement of students’ learning outcomes in the category of “good score” from 1 student in class C, before the treatment, then it becomes 15 students after the treatment. The result of t test between the students’ pretest and post test score, it then can be known t calculation was bigger that t table, as big as 149.429 > 2.07. Meanwhile, the improvement of students’ learning outcome in class D in the category of “good score” from 1 student become 21 students. The result of t test of students’ pretest and posttest score,showed that the t calculation was bigger than t table it was as big as 186.137 > 2.07. Therefore, Ha (alternative hypothesis) can be accepted. The conclusion of the research indicated that the treatment by using learning media could improve learning outcomes of Biology in the material of structure and the function of plant tissues on students grade VIII SMPN Karangbinangun, Lamongan.
Keywords: learning media, VCD (Video Compact Disc), Textbook, learning outcomes.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 20
,
PDF Downloads: 81