PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO TENTANG RAGAM LAGU DAERAH NUSANTARA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN KELAS V SDN LIDAH WETAN IV SURABAYA

Authors

  • MARATUS SHOLIHAH

Abstract

Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) diberikan  di sekolah karena keunikan, kebermaknaan, dan kebermanfaatan terhadap kebutuhan perkembangan peserta didik, yang terletak pada pemberian pengalaman estetik dalam bentuk kegiatan berekspresi/berkreasi dan berapresiasi  melalui pendekatan: “belajar dengan seni,” “belajar melalui seni dan belajar tentang seni. Kurikulum mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan terdapat Standar Kompetensi mengapresiasi karya seni musik dengan kompetensi dasar mengidentifikasi berbagai lagu daerah nusantara. Permasalahan yang terjadi di SDN Lidah Wetan IV Surabaya pada materi  ragam lagu daerah nusantara yakni belum tersedianya media yang sesuai dengan karakteristik materi. Berdasarkan masalah tersebut, pengembang memberikan solusi dengan mengembangkan media audio pembelajaran pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan kompetensi dasar mengidentifikasi berbagai lagu daerah nusantara. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media audio pembelajaran.

Metode pengembangan yang digunakan dalam produksi media audio adalah model pengembangan Pustekkom Bambang Warsita. Data yang diperoleh dari uji coba produk media audio ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil uji coba kelayakan media audio ahli materi I 87,5% kategori baik sekali, ahli materi II 83,3% kategori baik sekali, ahli media I 83.3% kategori baik sekali, ahli media II 91.6 kategori baik sekali, uji coba perorangan 92.5 kategori baik sekali, uji coba kelompok kecil 94.5 kategori baik sekali, uji coba lapangan 94.4 kategori baik sekali. Hal ini berarti media audio pembelajaran tentang ragam lagu daerah nusantara sudah layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran seni budaya dan keterampilan materi ragam lagu daerah nusantara.

Hasil tes tindakan untuk mengetahui keefektifan media audio pembelajaran pengembang menggunakan uji tanda yang dihasilkan berdasarkan perhitungan dengan taraf signifikan diperoleh ttabel 2,04 dan thitung 4,95. Dari angka tersebut dapat dilihat bahwa perolehan thitung lebih besar dari ttabel dengan perbandingan angka 4,95 > 2,04. Hal ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan pada saat sebelum dan sesudah diberikan Media Audio Pembelajaran untuk siswa kelas V SDN Lidah Wetan IV Surabaya.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Audio, Ragam Lagu Daerah Nusantara, Seni Budaya dan Keterampilan

 

Abstract

Cultural Arts Education and Skills (SBK) is given in school because of the uniqueness, meaningfulness, and usefulness of the developmental needs of learners, which lies in the provision of aesthetic experience in the form of expression activity / creativity and appreciate the approach: "learn the art," "learning through art and learn about art. Curriculum subjects Art and Cultural Skills Competency Standards are appreciating works of art music with basic competencies identified various areas of the archipelago song. The problems that occur in SDN Lidah Wetan IV Surabaya on diverse materials song archipelago areas namely the unavailability of an appropriate medium with the characteristics of the material. Based on these problems, the developer provides a solution by developing a learning audio media on the subjects of art and culture and skills of basic competencies identified various areas of the archipelago song. The development research aims to generate learning audio media.
Development methods used in the production of audio media is in a development model Pustekkom  by Bambang Warsita that has been modified with the needs on the ground. Data obtained from the test of audio media products are qualitative data and quantitative data. The results of testing the viability of audio media from the material expert I 87,5% very well category, 83,3% material expert II very well category, media experts I 83.3% very well category, media experts II 91.6 very well category, individual trials 92.5 very well category, test try small group 94.5 very well category, field trials 94.4 very well category. This means learning about a variety of audio media folk songs archipelago is feasible to use in learning the art and skill of material culture diversity archipelago folk songs As for the test results to determine the effectiveness of action learning audio media developers using sign test is generated by calculating the significant level of 2.04 was obtained t Table and tgreater4.95. From these figures it can be seen that the acquisition of  tgreater than t table with a comparison figure of 4.95 > 2.04. This suggests that there are significant differences in the time before and after the Audio Media Education for the students of class V SDN Lidah Wetan IV Surabaya. Keywords:Development, Media Audio, Song Variety Regional archipelago, Arts Culture and Skills.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-08-21

How to Cite

SHOLIHAH, M. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO TENTANG RAGAM LAGU DAERAH NUSANTARA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN KELAS V SDN LIDAH WETAN IV SURABAYA. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/9115
Abstract views: 38 , PDF Downloads: 93