PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE ELEKTRONIK TENTANG RANGKA TUBUH MANUSIA PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN JOMBATAN V JOMBANG

Authors

  • ANDHINI MURBARANI

Abstract

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti, pembelajaran IPA tentang rangka tubuh manusia pada siswa kelas IV SDN Jombatan V Jombang masih mengalami keterbatasan dan permasalahan karena proses pembelajaran yang masih sangat sederhana yaitu menggunakan metode tradisional atau konfensional dan buku paket sebagai satu-satunya bahan ajar. Hal inilah yang menjadi pertimbangan dikembangkannya media puzzle elektronik yang sesuai dengan karakteristik siswa dan kondisi sekolah.

Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan kali ini adalah menggunakan Research & Development (R & D) dari Sugiyono (2008:298). Produksi media Puzzle Elektronik tentang rangka tubuh manusia mata pelajaran IPA untuk siswa kelas IV SD, memerlukan beberapa sarana pendukung Semua aspek perangkat keras (Hardware) meliputi komputer atau laptop, PC, keyboard, mouse digunakan untuk menghasilkan suatu produk yang berupa Compact Disk (CD) yang berisi program media Puzzle Elektronik tentang rangka tubuh manusia mata pelajaran IPA untuk siswa kelas IV SD. Dalam produksi media puzzle elektronik ini, program utama yang digunakan adalah Macromedia Flash 8, sedangkan program-program pendukungnya antara lain: Adobe Photoshop CS 3, Nero 7, dan Microsoft Word 2003 atau 2007.

            Simpulannya, Media puzzle elektronik dapat meningkatkan hasil belajar siswa terbukti dengan nilai rata-rata pre-test kelas IV adalah (49,7) dan nilai rata-rata post-test kelas IV adalah (80,7). Ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih besar daripada nilai rata-rata pre-test. Dalam pengujian signifikansi diperoleh t hitung (14,9) lebih besar daripada t tabel (2,042). 

 

Kata kunci : Media Puzzle Elektronik

 

Abstract

Based on research that has been conducted by researchers, science learning about the human sceleton 4th grade students at state elementary school jombatan v jombang still have limitations and problems because the learning process is very simple by used traditional and conventional methods and textbooks as the only teaching materials. This is which becomes based development of electronic media puzzle which appropriate with the characteristics of students and school conditions.

Model of development used this time is Research & Development (R & D) from Sugiyono (2008:298). Production of electronic media puzzle about the human skeleton for  4th grade students, requires some means of support all aspects of the hardware include computers, PC, keyboard, mouse used for produce a product Compact Disk (CD) which contains the program electronic media puzzle about the human skeleton for 4th grade students at state elementary school. In production of electronic media puzzle, The main program used is Macromedia Flash 8, while supporting programs is : Adobe Photoshop CS 3, Nero 7, and Microsoft Word 2003 or 2007.

The conclusions, electronic media puzzle about the human skeleton increased 4th grade students learning value. Results of this study showed that increase 49,7 in the pre-test to 80,7 in the post-test. This indicates that the learning value has increased. In sigifikansi test obstain that t arithmetic (14,9) greater than t table (2,042).

 

Keyword : electronic media puzzle

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-10-01
Abstract views: 153 , PDF Downloads: 435