PENGEMBANGAN MEDIA SCRABBLE HURUF HIRAGANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA JEPANG UNTUK SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 22 SURABAYA

Authors

  • DWIE ARIES SANTI

Abstract

Pembelajaran Bahasa Jepang bertujuan agar para siswa dapat mengkomunikasikan ide atau gagasannya dengan menggunakan Bahasa Jepang baik dengan cara lisan maupun tulisan. Mata pelajaran Bahasa Jepang tentang nihon go de nan desu ka, mengharuskan siswa untuk mengerti dan memahami kosakata terutama kata benda dalam Bahasa Jepang, dalam hal ini media scrabble huruf hiragana merupakan media pembelajaran yang tepat untuk membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi terdapat masalah pada rendahnya hasil belajar siswa ke kelas X di SMAN 22 Surabaya pada mata pelajaran Bahasa Jepang bab nihon go de nan desu ka dikarenakan perbendaharaan kata benda siswa yang rendah. Berdasarkan sampel yang diambil, dari 12 siswa kelas X Bahasa hanya terdapat 3 siswa yang mendapatkan nilai sesuai SKM (70) dan 9 siswa lainnya kurang dari SKM. Pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media scrabble huruf hiragana dan untuk mengetahui efektivitas media scrabble huruf hiragana dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMAN 22 Surabaya.

Model dan prosedur pengembangan yang digunakan yaitu R & D Borg and Gall. Dalam pelaksanaan uji coba dilakukan beberapa tahap, yaitu: review dengan ahli materi dan ahli media, evaluasi dengan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, uji coba lapangan yaitu dengan kelompok besar dan untuk mengetahui hasil belajar, pengembang melakukan eksperimen semu. Pengumpulan data menggunakan metode angket, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus deskriptif presentase. Sedangkan data eksperimen semu di hitung menggunakan rumus uji t dua sampel bebas.

Hasil uji coba kepada dua ahli materi yaitu 97,5% dan uji coba kepada dua ahli media yaitu 89,6%. Sedangkan hasil uji coba perorangan yaitu 81,7%, uji coba kelompok kecil yaitu 87,02%, dan uji coba kelompok besar yaitu 85,5%. Hasil uji t memperoleh data 1,70 < 2,82 maka hasil tersebut menunjukkan peningkatan hasil belajar.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Media Scrabble, Hiragana, Bahasa Jepang, Kosakata, Borg and Gall

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-11-12
Abstract views: 45 , PDF Downloads: 149