PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTIONAL TENTANG GETARAN DAN GELOMBANG PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Kebutuhan belajar dalam dunia pendidikan memerlukan adanya suatu pengembangan, baik pengembangan kurikulum atau pengembangan media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Salah satu perkembangan teknologi adalah dengan adanya komputer. Salah satu manfaat komputer dalam dunia pendidikan adalah sebagai media pembelajaran yang dapat membantu guru dan siswa. SMPN 1 Kalianget membutuhkan adanya media pembelajaran yang inovatif.
SMPN 1 Kalianget memiliki fasilitas laboratorium computer yang memadai. Tetapi belum dimanfaatkan secara maksimal untuk proses pembelajaran. Guru masih menggunakan metode ceramah dan bahan ajar berupa buku paket, karena itu peserta didik kurang tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran.
Dari masalah tersebut, diperoleh sebuah alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu pengembangan media computer pembelajaran. Media komputer pembelajaran ini untuk siswa kelas VIII SMPN 1 Kalianget pada pelajaran Fisika materi getaran dan gelombang. Tujuan pengembangan media Computer Assited Instructional yaitu untuk menghasilkan produk computer pembelajaran yang digunakan sebagai media pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pembelajaran. Pengembangan media komputer pembelajaran ini menggunakan model pengembangan Fathoni.
Jenis data yang diperoleh dari pengembangan media computer pembelajaran ini adalah berupa data kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil uji coba ahli materi dikategorikan sangat baik. Dari hasil uji coba ahli media dikategorikan baik. Uji coba perorangan dikategorikan sangat baik. Uji coba kelompok kecil dan kelompok besar dikategorikan sangat baik. Dan berdasarkan hasil perhitungan dengan taraf signifikan 5% t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 4,87 > 2,04. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpukan bahwa hasil belajar siswa menagalami peningkatan setelah menggunakan media computer pembelajaran.
Kata kunci : Pengembangan, Media computer pembelajaran, pendidikan
Abstract
Learning needs in education requires the existence of a development, either curriculum development or the development of instructional media used in the learning process. One of the developments is the presence of computer technology. One of the benefits of computers in education is a media that can help teachers and students. SMPN1 Kalianget requires an innovative learning medium.
SMPN1 Kalianget have adequate computer lab facilities. But not fully utilized for the learning process. Teachers still use the lecture method and teaching materials such as textbooks, so students are less interested in participating in the learning process.
Of the problem, obtained an alternative to overcome these problems, the development of computer assisted instructional media. Media computer learning for students of class VIII SMPN1 Kalianget on material physics vibrations and waves. The purpose of media development to result a product of CAI, its can used as learning media solved of problem learning. Development of computer assisted instructional use a development model of Fathoni.
The type of data obtained from the development of learning computer media is a qualitative and quantitative data. From the test results very well categorized matter experts. From the test results are categorized either media expert. Individual trials categorized very well. The trial of small group and large group very well categorized. And based on the results of the calculation with the significant level of 5% t is greater than t table is 4.87> 2.04. From these results, it can be concluded that the improvement of student learning outcomes menagalami after learning to use computer media
Keywords: Development, Computer Assisted Instructional, Physics, Vibration and Wave
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 26
,
PDF Downloads: 53