PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI DI SMKN 1 SURABAYA

  • HARIS BUDIANTOH

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan media pembelajaran interaktif pada kompetensi dasar menerapkan komunikasi secara lisan untuk SMK jurusan administrasi perkantoran, untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif, dan untuk mengetahui respons siswa mengenai media pembelajaran interaktif. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu Four D Models (4-D Models). Yang terdiri dari define (pendefinisain), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun dalam penelitian disseminate (penyebaran) tidak dilakukan dikarenakan terbatasnya waktu dan biaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil perhitungan memperoleh skor persentase 67,00% dari ahli media, 88,33% dari ahli materi, dan 89,33% dari hasil uji coba terbatas. Sehingga disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan macromedia flash pada mata pelajaran korespondensi di SMKN 1 Surabaya layak digunakan.


Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Macromedia Flash, Korespondensi

Published
2015-02-05
Section
Articles
Abstract Views: 75
PDF Downloads: 417