PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK PADA MATERI SISTEM KEARSIPAN PADA SISWA KELAS XAP1 SMK NEGERI 2 BLITAR

  • HANDY DWI NURNIAWAN

Abstract

ABSTRAK

Suatu proses pembelajaran dikatakan berhasil apabila daya serap terhadap bahan pengajaran yang diajar mencapai prestasi tinggi, baik secara individu maupun kelompok. Aspek utama yang mempengaruhi daya serap terhadap bahan ajar adalah media pembelajaran. Media pembelajaran komik merupakan suatu bentuk bacaan dimana siswa mau membaca tanpa perasaan terpaksa/harus dibujuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media komik, kelayakan media komik, dan respon siswa terhadap media pembelajaran komik pada materi Sistem Kearsipan yang telah dikembangkan di SMK Negeri 2 Blitar. Jenis penelitian ini adalah pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D models Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Namun penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop (Pengembangan) dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas X AP1 Jurusan Adminidtrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Blitar. Objek dalam penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran komik pada materi sistem kearsipan. instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi dan lembar angket respon siswa. Berdasarkan hasil analisis kelayakan media pembelajaran komik oleh validator yang berpedoman pada kualitas isi, kualitas intrusional, dan kualitas teknik diperoleh rata-rata persentase sebesar 85,43% dengan kriteria interprestasi penilaian sangat layak. Sedangkan hasil respon siswa menunjukan rata-rata 89,56% dengan kriteria sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komik yang telah dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMK Negeri 2 Blitar.


Kata Kunci: Media Pembelajaran Komik, Sistem Kearsipan

Published
2015-02-05
Section
Articles
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 51