PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 LAMONGAN

Authors

  • MOH WILDAN ROBIH

Abstract

Abstrak

           Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa, (2) seberapa besar pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa, (3) seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa.

          Jenis penelitian ini dilakukan oleh penulis adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuisioner. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS 20.

          Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) penerapan model pembelajaran inkuiri berpengaruh secara signifikan dengan t = 14,340 dengan nilai siginifikansi sebesar 0,00 (p<0,05) terhadap hasil belajar siswa, (2) kemampuan berpikir kritis berpengaruh secara signifikan dengan t = 14,338 nilai siginifikansi sebesar 0,00 (p<0,05) terhadap hasil belajar siswa, (3) penerapan model pembelajaran inkuiri dan kemampuan berpikir kritis berpengaruh secara signifikan dengan f = 409,037 terhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-07-31

Issue

Section

Articles
Abstract views: 128 , PDF Downloads: 296