PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU SAKU PADA KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI DEFINISI DAN RUANG LINGKUP SARANA DAN PRASARANA KANTOR PADA SISWA KELAS XI APK 1 SMKN 1 SURABAYA
Abstract
ABSTRAK
Buku saku adalah suatu buku yang berukuran kecil berisi informasi yang dapat disimpan di saku sehingga dapat memudahkan siswa dalam mempelajari materi dengan keadaan apapun, karena buku saku tersebut dapat dibawa kemana-mana. Penelitian pengembangan bahan ajar buku saku ini dilakukan menggunakan model pengembangan 4-D (Four-D Models). Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan bahan ajar sesuai Kurikulum yang diterapkan sekolah yaitu Kurikulum 2013, mengetahui kelayakan bahan ajar, serta mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar buku saku. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas XI APK 1 SMKN 1 Surabaya. Penilaian hasil pengembangan dilakukan oleh validator ahli dengan 4 komponen penilaian yaitu kelayakan isi materi mendapatkan persentase 71%, kelayakan penyajian mendapatkan persentase 76%, kelayakan bahasa mendapatkan persentase 90%, dan kelayakan kegrafikan mendapatkan persentase 90%. Total penilaian 4 komponen buku saku keseluruhan mencapai skor sebesar 82% dengan kriteria penilaian sangat layak. Uji coba pada siswa juga memberikan kesimpulan penilaian sangat baik dengan persentase total sebesar 90% . Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar buku saku pada kompetensi dasar mengidentifikasi definisi dan ruang lingkup sarana dan prasarana kantor sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran di kelas XI APK 1 SMKN 1 Surabaya.
Kata Kunci: Buku Saku, Mengidentifikasi definisi dan ruang lingkup sarana dan prasarana kantor, pengembangan 4D
Downloads

